alexametrics

41 Napi Tewas Terbakar di Lapas Tangerang, Jokowi Turut Berbelasungkawa

Agung Sandy Lesmana | Ummi Hadyah Saleh
41 Napi Tewas Terbakar di Lapas Tangerang, Jokowi Turut Berbelasungkawa
Peristiwa kebakaran di Lapas Klas I Tangerang yang menewaskan 41 orang narapidana. (Foto: Istimewa)

"Kami mengucapkan dukacita sebesar-besarnya..."

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita atas insiden kebakaran hebat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang, Rabu (8/9/2021) dini hari yang telah menewaskan 41 orang narapidana.

Ucapan belasungkawa itu disampaikan Jokowi melalui Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman.

"Kami mengucapkan dukacita sebesar-besarnya. Semoga korban (luka dan meninggal) dapat teratasi semininal mungkin," ujar Fadjroel saat dihubungi wartawan, Rabu (8/9/2021).

Untuk diketahui, sebanyak 41 narapidana tewas dalam kebakaran yang terjadi di Blok C2 Lapas Kelas 1 Tangerang pada Rabu dini hari sekitar pukul 01.45 WIB. Kebakaran diperkirakan berlangsung sekitar dua jam.

Baca Juga: Warga Ditangkap Gegara Poster Minta Bantuan Jokowi, Gus Nadir: Isinya Sopan

Ditangani Polisi

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan pihaknya tengah menyelidiki peristiwa kebakaran ini.

"Tim dari Puslabfor Mabes Polri dari Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya bersama Satreskrim Polres Tangerang bekerja maraton untuk mengetahui penyebab kebakaran," kata Imran di Lapas Klas I Tangerang, Rabu.

Fadil menjelaskan, korban luka berat sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang dan RS Sitanala untuk mendapatkan perawatan medis.

"Adapun yang meninggal ada 41 orang, kemudian yang luka (berat) ada 8 orang, 72 orang luka ringan, dirawat di Poliklinik Lapas Tangerang," katanya.

Baca Juga: Satu Blok Dilalap Api, Ternyata Lapas Tangerang Over Kapasitas hingga 400 Persen

Kekinian lapas Kelas 1 Tangerang saat ini menampung sebanyak 2.072 warga binaan. Sedangkan Blok C2 yang mengalami kebakaran diketahui menampung 122 orang.

Komentar