alexametrics

Ketua MPR: Olahraga Indonesia Meroket hingga Internasional di Era Menpora Amali

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Ketua MPR:  Olahraga Indonesia Meroket hingga Internasional di Era Menpora Amali
Ketua MPR, Bambang Soesatyo. (Dok: Kemenpora)

Pihak swasta diminta turut mendukung pembinaan olahraga nasional.

Suara.com - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo memuji Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali yang sudah berkontribusi banyak memajukan olahraga di Tanah Air. Salah satunya yakni meroketnya prestasi tim Merah Putih di ajang Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo. 

“Olahraga ini sangat penting. Dibawah Pak Menpora Amali kita berhasil meroketkan olahraga hingga ke internasional, seperti cabang olahraga bulu tangkis, angkat besi, dan lainnya,” kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 atau FMB9 secara virtual, Senin (13/9/2021). 

Bamsoet menilai, olahraga nasional ini perlu didukung oleh semua stakeholder. Pihak swasta juga diminta turut mendukung perkembangan maupun pembinaan olahraga. Sehingga, pembinaan olahraga di Tanah Air bisa berjalan dengan baik. 

“Mudah-mudahan ini bisa diperjuangkan. Harus ada perusahan-perusahaan yang ikut membina olahraga. Saya kira ini harus bisa kerja sama, dan pak Menpora bisa berkoordinasi sehingga pembinaan olahraga kita semakin bagus,” ujar Bamsoet. 

Baca Juga: Merinding, "Mantra" Greysia Polii di Cermin Jadi Kenyataan Saat Olimpiade Tokyo 2020

Menurutnya, olahraga merupakan sarana untuk menghilangkan perbedaan yang ada. Olahraga juga disebut mampu mengangkat harkat dan martabat bangsa dengan mengukir prestasi. 

Disamping itu, Bamsoet juga sepakat dengan Amali bahwa olahraga harus dikembangkan menjadi sebuah industri. Diantaranya yakni memperbanyak kompetisi ataupun kejuaraan dari berbagai cabang olahraga mulai dari tingkat regional maupun nasional. 

Selain itu, Ketua DPR RI ke-20 ini juga mendukung pemanfaatan dana CSR dari berbagai perusahaan BUMN untuk disalurkan dalam peningkatan prestasi olahraga. 

“Jika ada aturan hukum yang mewajibkan setiap perusahaan menyalurkan sekian persen laba bersihnya dimanfaatkan untuk CSR bidang olahraga, akan sangat berdampak besar bagi kemajuan olahraga nasional,” pungkas Bamsoet.

Baca Juga: Agar Tak Jadi Cluster Baru, Tour de Singkarak 2021 Adopsi Pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020

Komentar