alexametrics

Indonesia Kembali Kedatangan Ratusan Ribu Dosis Vaksin Pfizer

Chandra Iswinarno | Stephanus Aranditio
Indonesia Kembali Kedatangan Ratusan Ribu Dosis Vaksin Pfizer
Ilustrasi ratusan ribu dosis Vaksin Pfizer tiba di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Banten.

Indonesia kembali kedatangan 274.950 Vaksin Pfizer yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten pada Rabu (15/9/2021) siang.

Suara.com - Indonesia kembali kedatangan 274.950 Vaksin Pfizer yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten pada Rabu (15/9/2021) siang.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong menyebut ini merupakan kedatangan vaksin tahap ke-62 yang dilakukan pemerintah.

"Dengan kedatangan ini membuat total vaksin yang sudah tiba di Indonesia dalam bentuk bulk (bahan baku) dan Jadi adalah sekitar 240 juta dosis," kata Usman pada Rabu (15/9/2021).

Dia memastikan, stok vaksin aman dan pemerintah kini sedang mengejar target 2 juta orang divaksin per harinya.

Baca Juga: Kabupaten Bekasi Berhasil Selesaikan Vaksin Covid-19 50 Persen

Selanjutnya, pemerintah akan berfokus untuk menggenjot vaksinasi untuk kelompok lansia demi menekan angka kamatian akibat Covid-19.

Tercatat, vaksinasi untuk kelompok masyarakat lansia baru sekitar 26,43 persen untuk dosis 1 dan 18,73 persen untuk dosis 2.

Selain itu, pemerintah juga menyasar kelompok remaja yang saat ini baru mencapai 11,83 persen untuk dosis 1 dan 8,12 persen untuk dosis 2.

"Adapun vaksinasi untuk kelompok masyarakat usía 12-17 tahun juga perlu dipercepat untuk mendukung kelancaran Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas secara aman," jelasnya.

Usman juga mengingatkan, selain vaksinasi, dengan memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan, serta penguatan 3 T (testing, tracing, dan treatment) merupakan langkah penting mempercepat pemulihan kesehatan, membangkitkan produktivitas, dan mengakhiri pandemi.

Baca Juga: Longgarkan Pembatasan, Belanda Bolehkan Pemegang Sertifikat Vaksin Makan di Restoran

Komentar