alexametrics

Pencairan BLT UMKM Rp 1,2 Juta via BNI dan BRI

Rifan Aditya
Pencairan BLT UMKM Rp 1,2 Juta via BNI dan BRI
Pencairan BLT UMKM Rp 1,2 Juta via BNI dan BRI - Seorang pedagang menyiapkan makanan di kawasan kuliner Pasar Lama, Tangerang, Banten. Kamis (16/9/2021). [Suara.com/ Hilal Rauda Fiqry]

Pada periode kali ini, cara pencairan BLT UMKM Rp 1,2 juta juga kurang lebih sama melalui dua bank BUMN, BNI dan BRI.

Suara.com - BLT UMKM atau BPUM tahap 2 versi Kemenkop akan selesai pada bulan September 2021. Adapun penerima bantuan akan menerima notifikasi dan apabila lolos maka bisa segera melakukan pencairan BLT UMKM Rp 1,2 juta melalui Bank BNI dan BRI.

Rencananya, bantuan BLT UMKM senilai Rp 1,2 juta itu akan tersalur ke 500 ribu penerima di seluruh Indonesia. Pada periode kali ini, cara pencairan BLT UMKM Rp 1,2 juta juga kurang lebih sama melalui dua bank BUMN, BNI dan BRI. 

BLT UMKM menjadi program prioritas pemerintah untuk menanggulangi kerugian UMKM selama pandemi Covid-19. Oleh karena itu, BPUM ditargetkan pada pelaku usaha mikro. Namun, perusahaan mikro harus memenuhi syarat sebagai calon penerima BPUM. Pasalnya, tidak semua dana senilai Rp 1,2 juta akan diberikan kepada wirausahawan.

Diskop UKM beberapa waktu yang lalu telah membuka pendaftaran BLT UMKM bulan September 2021. Namun, periode pendaftaran tersebut telah ditutup.

Baca Juga: Dana BPUM Rp15,24 Triliun Sudah Tersalur, Kemenkop Ubah Sejumlah Aturan

Kini saatnya para pelaku UMKM melakukan cek penerima dan mendapatkan notifikasi apakah terdaftar sebagai penerima BPUM atau justru gagal. Notifikasi atau tanda lolos diumumkan melalui link BRI dan BNI yang dapat diakses hanya dengan memasukkan NIK KTP.

Berikut ini cara cek pencairan BLT UMKM Rp 1,2 juta:

1. Login Eform BRI

  • Pelaku usaha masuk ke situs Eform BRI, lalu ketik nomor KTP (https://eform.bri.co.id/bpum).
  • Selanjutnya ketik kode verifikasi, dan jangan sampai salah
  • Pilih "Proses Inquiry". 

Bagi penerima BPUM, maka akan mendapatkan notifikasi yang menampilkan bahwa pelaku usaha berhak mengantongi bantuan senilai Rp 1,2 juta itu. Segera kunjungi bank BRI untuk pencairan BLT UMKM Rp 1,2 juta tersebut.

Selain itu, khusus link BRI, pelaku usaha yang didapuk sebagai calon penerima BLT UMKM juga dapat memilih menu reservasi online. Fitur tersebut berguna untuk calon penerima dalam memilih kantor cabang BRI dan waktu pencairan sesuai dengan keinginan.

Baca Juga: Cara Dapat BLT di eform.bri.co.id, Tanpa Antre!

2. Login Link BNI

Kemenkop UKM juga telah menunjuk Bank Himbara lainnya, yaitu BNI untuk memfasilitasi link cek penerima BLT UMKM dan pencairan Banpres BPUM. Sama seperti Eform BRI, situs BNI juga hanya membutuhkan KTP untuk melihat status penerima BLT UMKM.

Maka akan ada pemberitahuan yang menyatakan apakah Anda berhak menerima BLT UMKM September.

Segera datangi Bank BNI ataupun BRI untuk melakukan pencairan BLT UMKM Rp 1,2 juta untuk meringankan dampak selama pandemi. Anda juga bisa menghubungi Diskop UKM di tempat tinggal Anda untuk mendapatkan pengarahan secara lebih lanjut.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Komentar