alexametrics

Gunung Berapi Meletus, Muntahkan Lava Merah Panas ke Langit

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Gunung Berapi Meletus, Muntahkan Lava Merah Panas ke Langit
Ilustrasi gunung berapi meletus (Shutterstock).

Gunung berapi di Spanyol ini setelah seminggu terakhir menunjukkan peningkatan aktivitas seismik.

Suara.com - Sebuah gunung berapi di salah satu Kepulauan Canary Spanyol, meletus pada hari Minggu setelah seminggu terakhir menunjukkan peningkatan aktivitas seismik.

Menyadur DW Senin (20/9/2021), gunung berapi ini terletak di La Palma, pulau terbesar kelima di kepulauan Spanyol yang terletak di Samudra Atlantik di lepas pantai barat Maroko.

Stasiun TV lokal Radio Television Canaria (RTVC) menunjukkan rekaman lava merah panas dan debu yang berasal dari Taman Nasional Cumbre Vieja di selatan pulau.

Presiden regional Kepulauan Canary Angel Victor Torres mengatakan sejauh ini tidak ada korban luka yang dilaporkan.

Baca Juga: NASA Selidiki Gunung Berapi Super Erupsi di Mars

Namun media lokal melaporkan ada beberapa rumah terisolasi yang hancur terkena terjangan lahar panas. Pemadam kebakaran dikerahkan untuk memerangi kebakaran hutan yang disebabkan oleh letusan.

Penerbangan ke dan dari Canaries - yang populer di kalangan turis Eropa - berlanjut seperti biasa, kata operator bandara Aena.

Layanan darurat mulai mengevakuasi sekitar 2.000 penduduk setelah memindahkan warga yang memiliki mobilitas terbatas pada hari sebelumnya.

Pengawal Sipil Spanyol mengatakan kemungkinan perlu mengevakuasi hingga 10.000 penduduk.

"Masyarakat diminta untuk sangat berhati-hati dan menjauhi zona letusan untuk menghindari risiko yang tidak perlu," tambah pemerintah.

Baca Juga: Meletus 50 Kali Selama 2021, Ini Penampakan Gunung Berapi Etna dari Luar Angkasa

Komentar