alexametrics

Telkom Ajak Talenta Terbaik Bergabung untuk Akselerasi Digitalisasi Indonesia

Fabiola Febrinastri
Telkom Ajak Talenta Terbaik Bergabung untuk Akselerasi Digitalisasi Indonesia
Telkom membuka lowongan kerja bagi generasi muda. (Dok: Telkom)

Karyawan Telkom juga dimudahkan untuk mengikuti sertifikasi global.

Suara.com - BUMN digital telco pertama dan terbesar di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, membuka lowongan kerja sekaligus peluang belajar, berkembang, dan berkontribusi bagi bangsa.

Direktur Human Capital Management (HCM) Telkom, Afriwandi mengatakan, program rekrutmen ini tak sekadar merekrut karyawan baru. Sebagai badan usaha milik negara yang dinamis dan inovatif, banyak peluang yang ditawarkan kepada calon karyawan.

"Kami memiliki program yang menarik untuk berinovasi di bidang teknologi digital dan peluang belajar untuk mengembangkan diri di lingkungan kerja yang dinamis guna berkontribusi bagi negara," terang Afriwandi.

Telkom membuka rekrutmen untuk lulusan S1/S2 pada 20 - 30 September 2021. Tahapan rekrutmen mayoritas dilakukan secara online. Mengenai daftar jurusan yang dibutuhkan dapat mengunjungi laman rekrutmen.telkom.co.id.

Baca Juga: Erick Thohir Akan Fokuskan Telkom ke B2B, Telkomsel Urus Consumer

Telkom membuka lowongan kerja bagi generasi muda. (Dok: Telkom)
Telkom membuka lowongan kerja bagi generasi muda. (Dok: Telkom)

Untuk para pelamar yang berminat bergabung di Telkom dapat mendaftar dan mengunggah berkas administrasi yang dibutuhkan. Setelah lolos seleksi administrasi, pelamar akan mengikuti tes online berisikan materi Tes Kemampuan Dasar, Bahasa Inggris, BUMN Value, Wawasan Kebangsaan, dan pengetahuan terkait posisi yang dilamar.

Tahap selanjutnya, peserta akan mengikuti Assesment Day. Di dalamnya dilakukan tes daring psikologis, Focus Group Discussion (FGD), wawancara, tes kesehatan, screening, dan assesment kesiapan talenta digital. Setelah mengikuti keseluruhan tes pada tahap ini, pelamar yang lolos akan diumumkan secara online, untuk selanjutnya persiapan kerja.

Afriwandi menjelaskan, pelamar yang akan berkesempatan untuk berinovasi digital sebanyak mungkin. Berbagai wadah telah disiapkan Telkom, misalnya Program IdeaBox, HackIdea, dan Amoeba, yang memungkinkan karyawan untuk mewujudkan ide inovasinya, termasuk menjadi CEO startup internal.

"Program Amoeba, yang merupakan innovation lab karyawan ini sudah diikuti 7.680 peserta dengan 2.785 ide, 226 inkubasi, dan 13 tim yang sudah menghasilkan pendapatan sendiri," tambahnya.

Tak hanya itu, karyawan Telkom juga dimudahkan untuk mengikuti sertifikasi global, didorong untuk menjadi pembicara di konferensi atau seminar, juga ditawarkan beasiswa program magister di berbagai kampus dalam dan luar negeri.

Baca Juga: Peruri Gandeng Telkom dalam Peluncuran Meterai Elektronik

Telkom sendiri, dari sisi internal memiliki dua fasilitas, yakni Telkom Corporate University dan Assessment Center Indonesia, yang akan mendukung pengembangan kompetensi dan karir karyawan. Lingkungan kerja di Telkom pun saat ini sangat cocok untuk talenta muda yang menyukai tantangan dan fleksibel.

"Awalnya, saya kira bekerja di BUMN seperti Telkom harus berseragam dan tidak fleksibel, tapi ternyata kita diberikan banyak kesempatan belajar, berkembang, dan berkontribusi di lingkungan kerja yang fleksibel. Hal ini sangat berbeda dari pandangan awal saya tentang berkarier di BUMN," ujar Pathya M. Budhiputra, Senior Innovator sekaligus CEO Sprinthink, yaitu startup yang kini sudah berkontribusi membantu lebih dari 7.000 intrapreneur dari berbagai instansi dan perusahaan.

Afriwandi menambahkan, Telkom juga memiliki Great Rookie Development Program, Great People Development Program, dan Great People Managerial Program untuk mengasah kemampuan karyawan dalam memimpin tim. Karyawan yang potensial, bahkan bisa menjadi manajer dalam Global Talent Program di kantor Telkom di luar negeri hingga memimpin anak-anak perusahaan di dalam negeri.

Ia menegaskan, seluruh peluang ini mengerucut pada peluang untuk berkontribusi kepada Nusa Bangsa, misalnya terlibat dalam program digitalisasi penanganan pandemi Covid-19, pengembangan digitalisasi UMKM, hingga membantu digitalisasi BUMN, korporasi, dan kementerian/pemda.

"Singkatnya, karena jejak rekam dan nama baik Telkom selama ini, maka peluang untuk kontribusi kepada negara dan masyarakat Indonesia tebuka luas," pungkasnya.

Telkom tidak memungut biaya apapun dan tidak menjalin kerja sama dengan pihak manapun dalam pelaksanaan seleksi, termasuk penyediaan jasa transportasi dan akomodasi. Para pelamar dapat mengecek informasi dan proses rekrutmen ini melalui kanal resmi website rekrutmen.telkom.co.id dan akun Instagram @livingintelkom.

Komentar