alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Pesawat Sriwijaya Tabrakan, 179 Orang Tewas, Benarkah?

Reza Gunadha | Aulia Hafisa
CEK FAKTA: Pesawat Sriwijaya Tabrakan, 179 Orang Tewas, Benarkah?
Cek Fakta: Pesawat Sriwijaya Tabrakan, 179 Orang Tewas, Benarkah? (Turnbackhoax.id)

Beredar informasi terjadi kecelakaan dua pesawat yang melibatkan Sriwijaya Air pada 10 September 2021 dengan menewaskan 179 orang penumpang. Benarkah?

Suara.com - Pada tanggal 12 September 2021 lalu, akun Facebook bernama Tri Handayani membagikan sebuah link blog berita, dengan caption terjadi kecelakaan antara dua pesawat pada tanggal 10 September 2021 dan salah satu pesawat yang dimaksud ialah pesawat Sriwijaya Air asal Indonesia.

Informasi tersebut diambil dari blog www.membagikan.xyz. Dalam unggahan itu, kecelakaan tersebut mengakibatkan 179 orang tewas di dalam pesawat sriwijaya.

Hal tersebut diperkuat dengan foto yang tertera dalam link blog yang dibagikan. Unggahan itu memuat sebuah foto dari salah satu pramugari asal Sriwijaya Air.

Berikut narasi yang beredar:

Baca Juga: Viral Hasil Prewedding Barbar di Kampung, Calon Pengantin Sampai Dimabuk Sangit

"Innalillahi 179 Orang Tewas di dalam pesawat sriwijaya, Dua Pesawat Tabrakan saat Sedang Mengudara pada 10 September 2021”.

Lalu benarkah klaim tersebut?

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id-- jaringan Media Suara.com, blog tersebut tidak memberikan penjelasan apapun yang menyatakan tentang terjadinya kecelakaan pesawat yang melibatkan Sriwijaya Air pada tanggal 10 September 2021 lalu.

Melansir dari www.membagikan.xyz, informasi yang disampaikan dalam blog berita tersebut ialah mengenai kecelakaan dua pesawat, yaitu antara pesawat British Airways yang berangkat dari London ke Istanbul dengan 63 penumpang dan pesawat Inex Adria DC-9 yang berangkat dari Yugoslavia dengan 113 penumpang.

Peristiwa tersebut terjadi di wilayah Zagreb, Kroasia, pada tanggal 10 September 2021 lalu. Bahkan, judul yang tertera pada blog berita tersebut juga berbeda dengan caption yang tertera pada salah satu postingan di akun Facebook sebelumnya.

Baca Juga: Jemput Warga yang Ditahan karena Sengketa Tanah, Brigjen Junior Beri Pernyataan Tegas

Pada judul blog berita tersebut menginformasikan tentang tewasnya 170 penumpang dalam kecelakaan pesawat yang terjadi tanggal 12 September 2021 lalu.

Cek Fakta: Pesawat Sriwijaya Tabrakan, 179 Orang Tewas, Benarkah? (Turnbackhoax.id)
Cek Fakta: Pesawat Sriwijaya Tabrakan, 179 Orang Tewas, Benarkah? (Turnbackhoax.id)

Melansir dari kompas.com, Senior Manager Corporate Communication Sriwijaya Air, Theodora Erika Hersanti menegaskan bahwa informasi tersebut adalah hoaks. Tidak ada kecelakaan yang terjadi pada Sriwijaya Air sebagaimana informasi yang tersebar.

Selain itu, melansir dari jabarnews.com, peristiwa kecelakaan dua pesawat yang dijelaskan pada blog tersebut merupakan kecelakaan dua pesawat yang terjadi pada 10 September 1976 di Zagreb, Kroasia.

Kecelekaan tersebut melibatkan pesawat asal Inggris, Trident British Airways dengan rute London ke Istanbul yang membawa 63 orang dan jet sewaan Yugoslavia DC-9 yang mengangkut 113 penumpang dengan rute dari Split, Yugoslavia, ke Cologne.

Pesawat tersebut jatuh di ketinggian 33.000 kaki di dekat Zagreb dengan menewaskan 176 orang.

Lalu, terkait dengan foto pramugari yang tertera dalam blog tersebut merupakan pramugari asal Sriwijaya Air, yaitu mendiang pramugari Mia Tresentyana Wadu yang menjadi korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di perairan Kepulauan Seribu pada 9 Januari 2021 lalu.

Dapat dipastikan bahwa peristiwa kecelakaan dua pesawat tersebut bukanlah peristiwa kecelakaan pesawat yang terjadi pada tanggal 10 September 2021 dengan melibatkan maskapai asal Indonesia yaitu Sriwijaya Air.

Cek Fakta: Pesawat Sriwijaya Tabrakan, 179 Orang Tewas, Benarkah? (Turnbackhoax.id)
Cek Fakta: Pesawat Sriwijaya Tabrakan, 179 Orang Tewas, Benarkah? (Turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Berdasarkan pada seluruh referensi, kecelakaan dua pesawat yang melibatkan Sriwijaya Air pada 10 September 2021 dengan menewaskan 179 orang penumpang ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten palsu.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar