alexametrics

Dosa Besar Dalam Islam Apa Saja? Berikut Keutamaan Menjauhkan Diri dari Dosa Besar

Dany Garjito
Dosa Besar Dalam Islam Apa Saja? Berikut Keutamaan Menjauhkan Diri dari Dosa Besar
Dosa Besar Dalam Islam Apa Saja? Berikut Keutamaan Menjauhkan Diri dari Dosa Besar. Ilustrasi menangis. (Pixabay/StockSnap)

Berikut keutamaan menjauhkan diri dari dosa besar

Suara.com - Allah SWT akan mengampuni siapa saja hamba yang menjauhkan dirinya dari segala perbuatan atau tindakan yang berdampak pada dosa besar. Selain itu, Allah SWT juga akan menghapuskan segala dosa-dosa kecil bagi hamba-Nya yang menjauhkan diri dari dosa besar.

Allah SWT telah berfirman dalam Surat An-Nisa ayat 31 yang berbunyi sebagai berikut, "Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapuskan kesalahan-kesalahanmu dosa-dosamu yang kecil dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga).” (QS. An-Nisa: 31)

Rasulullah SAW juga memerintahkan kepada umatnya untuk menjauhi dosa besar seperti menyekutukan Allah SWT, melakukan praktik sihir, membunuh sesama manusia, memakan harta anak yatim, berzina dan masih banyak lainnya.

Perintah telah tercantum dalam sebuah hadist. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Jauhilah oleh kalian tujuh dosa yang membinasakan. Para sahabat kemudian bertanya, “Wahai Rasulullah, apa saja ketujuh macam dosa tersebut?” Beliau menjawab, “Menyekutukan Allah, sihir, membunuh jiwa (manusia) yang diharamkan Allah, kecuali dengan hak, memakan riba, memakan harta anak yatim, lari dari pertempuran, dan menuduh (berzina) kepada seorang wanita mukmin yang menjauhi perbuatan tercela”. (HR. Bukhari)

Baca Juga: Bacaan Kalimat Disukai Allah SWT, Baca 100 Kali Pagi dan Sore, Insya Allah Penuh Pahala

Bagi hamba-Nya yang menjauhkan diri dari dosa besar tentu akan mendapatkan banyak keutamaan.

Mendapatkan ampunan dari Allah SWT

Ilustrasi salat, sholat, ibadah. [Shutterstock]
Dosa Besar Dalam Islam Apa Saja? Berikut Keutamaan Menjauhkan Diri dari Dosa Besar. Ilustrasi salat, sholat, ibadah. [Shutterstock]

Allah SWT akan mendapatkan ampunan kepada hamba-Nya yang menjauhkan diri dari dosa besar. Allah SWT berfirman dalam Surat As-Syura ayat 37 yang berbunyi, "Dan bagi orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan-perbuatan keji dan apabila mereka marah mereka memberi maaf." (QS. As-Syura: 37)

Mendapatkan Surga Allah SWT

Perbuatan syirik merupakan salah satu perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT karena perbuatan tersebut adalah dosa besar. Bagi hamba yang menjauhkan diri dari perbuatan syirik maka akan mendapatkan surga Allah SWT.

Baca Juga: 10 Keutamaan Membaca Sholawat Nabi di Hari Jumat, Salah Satu Amalan Sunnah

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mati dalam keadaan tidak berbuat syirik kepada Allah dengan sesuatu apa pun, maka ia akan masuk surga. Barangsiapa yang mati dalam keadaan berbuat syirik kepada Allah dengan sesuatu apa pun, maka ia akan masuk neraka.” (HR. Muslim, no. 93)

Dihapuskan Dosanya oleh Allah SWT

Menjauhkan diri dari dosa besar dan mengamalkan kewajiban sebagai seorang muslim akan mendapatkan penghapusan dosa oleh Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, “Sholat yang lima waktu, sholat Jum’at sampai Jum’at berikutnya, dan puasa Ramadhan sampai Ramadhan berikutnya, adalah penghapus-penghapus dosa di antara waktu-waktu tersebut, selama dosa-dosa besar dijauhi.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu)

Itulah keutamaan menjauhkan diri dari perbuatan yang menimbulkan dosa besar.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Komentar