alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Jaringan Internet Mati pada 24-30 September 2021?

Dany Garjito | Aprilo Ade Wismoyo
CEK FAKTA: Benarkah Jaringan Internet Mati pada 24-30 September 2021?
Cek fakta jaringan internet mati pada tanggal 24-30 September 2021 (Facebook)

Beredar narasi yang menyebut bahwa jaringan internet akan mati pada tanggal 24-30 September 2021. Benarkah demikian? Cek faktanya!

Suara.com - Beredar di media sosial sebuah narasi yang menyebut bahwa layanan internet di berbagai provider akan mati atau berhenti beroperasi pada tanggal 24-30 September 2021.

Narasi ini beredar luas di berbagai platform media sosial, mulai Facebook, Tiktok, hingga pesan berantai di WhatsApp.

Dalam narasi tersebut dijelaskan bahwa jaringan internet dari beberapa provider akan mati total akibat adanya 

Berikut narasi lengkapnya:

Baca Juga: Jaringan Internet akan Mati Total 24 September 2021, Ini Faktanya

"Mulai tanggal (24-30) jaringan internet akan mati total di seluruh Indonesia, jaringan Indosat, Telkomsel, Axis dll dan bahkan jaringan seluler biasa pun akan mati total karena adanya perbaikan kabel internet di bawah laut pengumuman ini berlaku di setiap kecamatan / provinsi masing-masing dan di sosial media, selamat menikmati tanpa jaringan apa pun," demikian narasi yang disampaikan oleh sebuah akun TikTok.

Lantas benarkah narasi tersebut?

Cek fakta jaringan internet mati pada tanggal 24-30 September 2021 (Facebook)
Cek fakta jaringan internet mati pada tanggal 24-30 September 2021 (Facebook)

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran suara.com, narasi yang menyebut bahwa jaringan internet akan mati pada tanggal 24-30 September tidaklah benar. Narasi tersebut merupaka hoaks dan telah dipastikan oleh pihak-pihak terkit.

Dua provider internet besar di Indonesia yakni Telkom dan Indosat mengaku masih beroperasi seperti biasa.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Lingkaran Merah di Tabung Gas LPG Penanda Jika Terdapat Kebocoran?

Pihak yang berwenang dari dua perusahaan tersebut dengan tegas menyatakan narasi yang beredar di Tiktok dan Facebook tentang matinya jaringan internet selama 6 hari adalah hoaks.

Hingga berita ini diturnkan pada Jumat (24/9/2021) jaringan internet dari beberapa provider besar seperti Indosat, Telkomsel, dan XL pun terpantau masih bisa digunakan seperti biasa.

Sementara itu,  PT Len Telekomunikasi Indonesia (PT LTI) juga menyapaikan bahwa kabar tersebut hoaks. Lewat laman resminya, pihak PT LTI menyebut tidak benar.

"PT LTI menyatakan bahwa berita tersebut tidak benar," jelas Agri Suramanggala, Humas & Perencanaan Perusahaan PT LTI.

Melansir dari laman tersebut, diketahui bahwa perbaikan kabel laut memang akan dikerjakan di Link Ondong Siau – Tahuna. Namun dapat dipastikan tidak akan menyebabkan jaringan mati total, karena operator sudah menyatakan komitmennya untuk memberikan backup layanan, sehingga layanan internet tetap tersedia selama proses perbaikan. 

Perbaikan kabel laut diestimasikan akan dilaksanakan pada 23 September hingga 30 September 2021. Namun sekali lagi ditekankan bahwa selama perbaikan layanan internet akan tetap tersedia.

Hal ini diperkuat dengan dikonfirmasikannya oleh Kadis Kominfo Ondong Siau, Jacson Baginda dan Manager Corporate Communications Telkomsel Area Pamasuka, Rina Dwi Noviani, bahwa berita tersebut adalah tidak benar. 

Adapun selama perbaikan, layanan internet tidak akan mati total akan tetapi hanya mengalami penurunan kualitas. 

KESIMPULAN

Berdasarkan pemaparan fakta di atas, narasi yang menyebut bahwa jaringan internet akan mati pada tanggal 24-30 Sepetmber 2021 tidaklah benar.

Narasi yang disebar tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar