alexametrics

Isi Surat Al Kahfi 1-10 dan 3 Keutamaanya

Rifan Aditya
Isi Surat Al Kahfi 1-10 dan 3 Keutamaanya
Isi Surat Al Kahfi 1-10 dan 3 Keutamaanya - Ilustrasi Al Quran. (Shutterstock)

Tahukah kalian bahwa membaca ayat Surat Al Kahfi 1-10 saja sudah memiliki keutamaan yang besar?

Suara.com - Surat Al Kahfi merupakan salah satu surat yang terdapat di dalam Al-Quran sebagai surat ke-18. Surat ini termasuk dalam surat makkiyah yang memiliki jumlah ayat sebanyak 110 ayat. Tapi tahukah kalian bahwa membaca ayat Surat Al Kahfi 1-10 saja sudah memiliki keutamaan yang besar?

Perlu diketahui, arti Al-Kahfi atau Ashabul Kahf bermakna penghuni-penghuni gua. Nabi Muhammad SAW pun pernah memberitahu keutamaan dari Surat Al Kahfi 1-10. 

Maka dari itu anda perlu tahu isi bacaan Surat Al Kahfi 1-10 dan keutamaanya.

Isi Surat Al Kahfi Ayat 1-10

Baca Juga: Ada yang Setara Naik Haji, Ini 7 Amalan Sunnah di Hari Jumat

Berikut bacaan latin Surat Al Kahfi 1-10  dan artinya:

1.       Al-hamdu lillahillazi anzala 'ala 'abdihil-kitaba wa lam yaj'al lahu 'iwaja

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepada hamba-Nya dan Dia tidak menjadikannya bengkok.

2.       Qayyimal liyunzira basan syadidam mil ladun\-hu wa yubasysyiral\-mumininallazina ya'maluna-alihati anna lahum ajran hasana

Artinya: sebagai bimbingan yang lurus, untuk memperingatkan akan siksa yang sangat pedih dari sisi-Nya dan memberikan kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan kebajikan bahwa mereka akan mendapat balasan yang baik.

Baca Juga: Hikmah dan Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Malam dan Hari Jumat

3.       Makisina fihi abada

Artinya: mereka kekal di dalamnya untuk selama-lamanya.

4.       Wa yunzirallazina qaluttakhazallahu walada

Artiny: Dan untuk memperingatkan kepada orang yang berkata, "Allah mengambil seorang anak."

5.       Ma lahum bihi min 'ilmiw wa la liabaihim, kaburat kalimatan takhruju min afwahihim, iy yaquluna illa kaziba

Artinya: Mereka sama sekali tidak mempunyai pengetahuan tentang hal itu, begitu pula nenek moyang mereka. Alangkah jeleknya kata-kata yang keluar dari mulut mereka; mereka hanya mengatakan (sesuatu) kebohongan belaka.

6.       Fa la'allaka bakhi'un nafsaka 'ala asarihim il lam yu`minu bihazal-hadisi asafa

Maka barangkali engkau (Muhammad) akan mencelakakan dirimu karena bersedih hati setelah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al-Qur'an).

7.       Inna ja'alna ma 'alal-ardi zinatal laha linabluwahum ayyuhum ahsanu 'amala

Artinya: Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, untuk Kami menguji mereka, siapakah di antaranya yang terbaik perbuatannya.

8.       Wa inna laja'iluna ma 'alaiha sa'idan juruza

Artinya: Dan Kami benar-benar akan menjadikan (pula) apa yang di atasnya menjadi tanah yang tandus lagi kering.

9.       Am hasibta anna as-habal-kahfi war-raqimi kanu min ayatina 'ajaba

Artinya: Apakah engkau mengira bahwa orang yang mendiami gua, dan (yang mempunyai) raqim itu, termasuk tanda-tanda (kebesaran) Kami yang menakjubkan?

10.   Iz awal-fityatu ilal-kahfi fa qalu rabbana atina mil ladungka rahmataw wa hayyi` lana min amrina rasyada

Artinya: (Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, "Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami."

Keutamaan Surat Al Kahfi

Salah satu ajaran Rasulullah yang patut diteladani adalah membaca ayat Surat Al Kahfi 1-10 setiap malam Jumat. Berikut adalah beberapa keutamaan membaca Surat Al Kahfi ayat 1-10:

1.       Disinari Cahaya Antara Ka’bah dan Dirinya

"Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at." (HR. An Nasa'i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami' no. 6470)

2.       Disinari Cahaya antara Dua Jumat

"Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka'bah." (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)

3.       Perlindungan dari Dajjal

"Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal." (HR. Muslim no. 809)

Dalam riwayat lain disebutkan, "Dari akhir surat Al-Kahfi." (HR. Muslim no. 809)

Dalam hadits di atas, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengabarkan bahwa siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama atau terakhir dari surat Al-Kahfi, maka ia terlindungi dari Dajjal.

Demikian adalah ulasan tentang isi ayat Surat Al Kahfi 1-10 dan keutamaanya. Semoga dapat memberikan wawasan pengetahuan keagamaan untuk dapat semakin meningkatkan ketakwaan diri.

Kontributor : Dhea Alif Fatikha

Komentar