alexametrics

MyEduSolve dan Microsoft Akan Selenggarakan Virtual Job Fair

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
MyEduSolve dan Microsoft Akan Selenggarakan Virtual Job Fair
Virtual Job Fair. (Dok: MyEduSolve)

500+ lowongan pekerjaan siap dibuka.

Suara.com - Dalam upaya menekan angka pengangguran di Indonesia, MyEduSolve bekerjasama dengan Microsoft untuk mengadakan acara Virtual Job Fair di bulan November 2021 mendatang. Acara yang akan dilaksanakan selama 2 hari ini diperkirakan dapat memfasilitasi sekitar 5.000 tenaga kerja di Indonesia untuk dapat menemukan peluang kerjanya dari lebih dari 500 lowongan pekerjaan.

Acara ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk menemukan talenta berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, acara ini juga memberikan kesempatan bagi pencari kerja untuk saling bertemu dengan recruiter dan menemukan kesempatan dalam berkarier.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak organisasi maupun lembaga yang telah melaksanakan acara Job Fair bagi para pencari kerja. Hal yang membedakan Virtual Job Fair ini dengan Virtual Job Fair lainnya adalah peserta yang dapat berpartisipasi merupakan individu yang telah memiliki sertifikasi resmi dari Microsoft. Sertifikasi merupakan cara untuk meningkatkan, mengukur, dan memvalidasi kemampuan seseorang pada suatu bidang keahlian. Oleh karena itu, individu yang tersertifikasi diasumsikan dapat mencapai hasil pekerjaan yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan.

Ujian sertifikasi Microsoft dirancang sedemikian rupa dan disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan industri untuk memastikan individu dapat memenuhi standar tertentu untuk berkarier di suatu bidang pekerjaan. Dengan begitu, kesenjangan antara kemampuan tenaga kerja dengan kebutuhan industri dapat diminimalisir untuk menekan angka pengangguran di Indonesia.

Baca Juga: Virtual Job Fair Bulanan Digencarkan, Cara Kota Tangerang Pulihkan Ekonomi Saat Pandemi

Program sertifikasi yang disediakan oleh Microsoft cukup beragam untuk berbagai bidang pekerjaan, mulai dari Microsoft Office Specialist (MOS), Microsoft Certified Fundamental (MCF), dan Microsoft Certified Educator (MCE). Adapun Virtual Job Fair kali ini terbuka bagi semua program sertifikasi, dan peserta dapat melakukan pendaftaran mulai dari tanggal 8 Oktober 2021 sampai 8 November 2021.

Mekanisme Virtual Job Fair akan dilaksanakan dengan menggunakan tools “Breakout Room”, di mana peserta dapat mengunjungi virtual room perusahaan yang berbeda-beda. Setiap perusahaan akan melakukan presentasi singkat mengenai profilnya, kemudian recruiter akan menjadwalkan wawancara dengan peserta yang memenuhi persyaratan.

Selain mendapatkan kesempatan untuk bertemu recruiter, peserta yang hadir juga akan mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya melalui webinar, workshop, serta grup eksklusif yang menyediakan berbagai informasi seputar dunia karier & profesi. Melalui acara ini, diharapkan semua pihak dapat lebih memahami pentingnya sertifikasi dalam dunia kerja serta manfaatnya, baik untuk pihak perusahaan maupun tenaga kerja Indonesia.

Komentar