alexametrics

Manfaat Sholawat Nabi dan 6 Bacaan Shalawat Nabi yang Utama

Rifan Aditya
Manfaat Sholawat Nabi dan 6 Bacaan Shalawat Nabi yang Utama
Manfaat Shalawat Nabi dan 6 Bacaan Shalawat Nabi yang Utama - Ilustrasi Berdoa Kepada Tuhan. (pixabay.com)

Apa saja manfaat Sholawat Nabi? Simak penjelasan berikut ini.

Suara.com - Sholawat Nabi kerap dibacakan dalam berbagai kesempatan karena memiliki banyak manfaat. Manfaat Sholawat Nabi tak hanya dapat dirasakan pendengarnya tapi juga yang membacanya apabila Sholawat Nabi dibacakan di depan orang banyak.

Dikutip dari jateng.nu.or.id, Sayyid Bakri bin Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyathi dalam Kifayatul Atqiya wa Minhajul Ashfiya menyebutkan faidah membaca shalawat. Apa saja manfaat Sholawat Nabi? Simak penjelasan berikut ini. 

Manfaat Sholawat Nabi

Berikut manfaat Sholawat Nabi tersebut.

Baca Juga: Bacaan Sholawat Maulid Nabi Muhammad SAW, Lengkap dengan Artinya

  1. Bagi mereka yang bersholawat Nabi dikatakan memiliki kesamaan aktivitas dengan para malaikat yang bershalawat dengan Nabi Muhammad SAW, itu artinya mereka yang bersholawat Nabi akan mendapatkan secercah cahaya dan bisa membentuk sifat-sifat malaikat di dalam dirinya.
  2. Mereka yang bersholawat mendapatkan kebaikan dari Allah SWT
  3. Mereka yang bersholawat nabi akan mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW. Hal itu tercantum dalam Surat Al Ahzab ayat 56 yang memiliki arti berikut ini:
    "Sungguh Allah dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."
  4. Mereka yang bershalawat mendapatkan 10 catatan amal kebaikan. Hal itu tercatat dalam Hadits Riwayat Muslim berikut ini:
    Man shollu ala wahidatan shallallahu alaihi katsiran
    Artinya: “Siapa saja yang bershalawat kepadaku sekali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali."
  5. Shalawat itu memberi kita kesadaran pada kekhilafan dan kesalahan sehingga kita bisa terhindar dari kesalahan yang sama karena dengan bisa segera menyadari kesalahan dan kekhilafan lalu belajar darinya
  6. Sholawat Nabi dapat mendekatkan derajat kita semakin dekat dengan Allah
  7. Sholawat Nabi membuat kita menjadi lebih tenang sehingga dapat berpikir jernih untuk mencukupi kebutuhan duniawi dan ukhrawi kita.
  8. Mereka yang bershalawat juga mendapatkan pengampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuatnya.

Kumpulan Bacaan Shalawat Nabi yang Utama

Setelah mengetahui manfaat sholawat nabi, silahkan baca bacaan sholawat nabi berikut yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Sholawat Nariyah

ALLAHUMMA SHOLLI SHOLAATAN KAAMILATAN WASALLIM SALAAMAN TAAMMAN ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADINIL LAZI TANHALLU BIHIL’UQODU WATANFARIJU BIHIL KUROBU WATUQDHOO BIHIL HAWAIJU WATUNALU BIHIR ROGHOIB WA HUSNUL KHOWATIMI WAYUSTASQOL GHOMAAMU BIWAJHIHIL KARIIMI WA’ALAA AALIHI WASHOHBIHI FII KULLI LAMHATIN WA NAFASIN BI’ADADI KULLI MAKLUMIN LAKA.

Artinya :

Baca Juga: 5 Amalan Untuk Dapat Jodoh yang Mustajab

Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.

Komentar