alexametrics

Kapan Sumpah Pemuda Diperingati: Ini Sejarah dan Tujuannya

Rifan Aditya
Kapan Sumpah Pemuda Diperingati: Ini Sejarah dan Tujuannya
Kapan Sumpah Pemuda Diperingati: Ini Sejarah dan Tujuannya - Museum Sumpah Pemuda di Jakarta. (Instagram/@chocolatesick)

Sumpah Pemuda adalah salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan Kemerdekaan Indonesia. Lantas, kapan Sumpah Pemuda diperingati?

Suara.com - Sumpah Pemuda adalah salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan Kemerdekaan Indonesia. Lantas, kapan Sumpah Pemuda diperingati?

Untuk mengetahui kapan Sumpah Pemuda diperingati, tentunya kalian perlu menilik kembali sejarah Sumpah Pemuda itu sendiri. Berikut ini penjelasannya.

Kapan Sumpah Pemuda

Tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda. Sebab, perlu kalian ketahui peristiwa Sumpah Pemuda terjadi pada tanggal 27 – 28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta).

Baca Juga: Isi Teks Sumpah Pemuda dan Tokoh-tokoh di Baliknya

Sumpah Pemuda merupakan hasil keputusan dari Kongres Pemuda II dan ikrar ini dianggap sebagai semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Isi Sumpah Pemuda dirumuskan dan ditulis oleh Mr. Prof. Mohammad Yamin, S.H. pada satu lembar kertas.

Kongres Pemuda II diikuti oleh perwakilan pelajar-pelajar Indonesia (PPPI), Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Jong Islamienten Bond, Pemuda Indonesia, Jong Celebes, Jong Ambon dan lainnya. Gedung yang terletak di Jl Keramat Raya 106 Jakarta Pusat, menjadi tempat kongres berlangsung, yang saat ini gedung tersebut menjadi Museum Sumpah Pemuda.

Di dalam kongres tersebut terdapat 3 keputusan penting bernama Sumpah Pemuda yang berbunyi:

  • Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Tujuan Sumpah Pemuda

Setelah paham sejarah singkat, isi, dan kapan Sumpah Pemuda terjadi, kalian juga perlu mengetahui tujuan sebenarnya dari Sumpah Pemuda. Berikut ini adalah beberapa tujuan Sumpah Pemuda:

Baca Juga: Daftar Hari Besar Oktober 2021, Hari Kesaktian Pancasila hingga Sumpah Pemuda

  1. Untuk membangkitkan jiwa dan sikap nasionalisme pemuda-pemuda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk melawan, mengusir dan menentang para penjajah.
  2. Memperluas usaha dana kegiatan agar tercapainya Kemerdekaan Indonesia.
  3. Melaksanakan cita-cita untuk mengumpulkan seluruh pemuda-pemuda Indonesia.
  4. Membuat kokoh dan tebal rasa persatuan serta kesatuan bangsa Indonesia.

Makna Sumpah Pemuda tentunya sangat penting ditanamkan di dalam jiwa kita sebagai masyarakat Indonesia. Isi dari Sumpah Pemuda menegaskan cita-cita akan adanya “Tanah Air Indonesia”, “Bangsa Indonesia”, “Bahasa Indonesia”.

Komentar