alexametrics

Tinggal Buka Aplikasi, Warga Cimahi Mau Urus Mutasi hingga Pajak Kendaraan Kini Gak Ribet

Agung Sandy Lesmana | Muhammad Yasir
Tinggal Buka Aplikasi, Warga Cimahi Mau Urus Mutasi hingga Pajak Kendaraan Kini Gak Ribet
Tinggal Buka Aplikasi, Warga Cimahi Mau Urus Mutasi hingga Pajak Kendaraan Kini Gak Ribet. Korlantas Polri terapkan digitalisasi arsip kendaraan di Polresta Cimahi, Bogor. (Dok Polri)

"Tidak perlu orang harus hadir, tapi cukup menggunakan aplikasi dari gadget atau HP yang kami miliki. Lebih simpel, lebih cepat, lebih transparan."

Suara.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyebut pelayanan mutasi, pendaftaran, pemblokiran hingga pembayaran pajak kendaraan di Polresta Cimahi, Jawa Barat kedepannya bisa dilakukan secara digital. Masyarakat atau wajib pajak nantinya cukup melakukan transaksi lewat gawai atau gadget.

Hal itu disampaikan Kasubdit BPKB Korlantas Polri Kombes Indra Darmawan saat melakukan sosialisasi terkait digitalisasi kendaraan bermotor dan arsip digital di Polresta Cimahi, Jawa Barat. 

"Tidak perlu orang harus hadir, tapi cukup menggunakan aplikasi dari gadget atau HP yang kami miliki. Lebih simpel, lebih cepat, lebih transparan," kata Indra.

Indra mengemukakan, sosialisasi serupa juga telah dilakukan di Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Polresta Solo. Ini, kata dia, merupakan kegiatan berlanjut terkait program pelayanan digital yang dilakukan oleh Korlantas.

Baca Juga: Hingga Oktober, Pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor di Jabar Rp 1,291 Triliun

"Jadi ini memang roadshow terkait dengan pelayanan digital pendaftaran kendaraan bermotor, yang kami sosialisasikan di sini adalah penggunaan tentang arsip digital," katanya.

Menurut Indra, pelayanan arsip digital nantinya akan mempermudah masyarakat menyimpan dokumen-dokumen kendaraan bermotor.

Sementara di sisi pihak kepolisian, arsip digital dapat menghemat ruangan atau gudang yang biasa dijadikan untuk lokasi penyimpanan.

"Kita cukup nanti disimpan di dalam sebuah server. Nah untuk pelayanan masyarakat sendiri, tentunya harapan kami ini kita dapat lebih mempercepat pelayanan tadi yang sifatnya masih manual, orang harus dateng dan sebagainya, sekarang yang dateng cukup datanya saja," kata dia.

Baca Juga: Cok Ace Minta Masyarakat di Bali Harus Tetap Waspada Mutasi Varian Baru Covid-19

Komentar