alexametrics

Luhut Yakin Pandemi Covid-19 Berubah Jadi Endemi Pada Januari 2022

Dwi Bowo Raharjo | Stephanus Aranditio
Luhut Yakin Pandemi Covid-19 Berubah Jadi Endemi Pada Januari 2022
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (foto: antara)

"Saya yakin kita semua sudah lelah berhadapan dengan Pandemi Covid-19."

Suara.com - Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Panjaitan menyebut Indonesia akan memasuki masa endemi Covid-19 pada Januari 2022. Ini menyusul karena kondisi saat ini semakin membaik.

Luhut menyebut kondisi itu bisa tercapai jika setelah masa libur natal dan tahun baru nanti tidak terjadi lonjakan kasus lagi.

"Kalau ini terjadi saya kira kita akan bisa bagus, dan kalau kita bisa melampaui Nataru ini dengan baik pada Januari saya pikir kita sudah masuk pada endemi, karena pada saat itu kita harapkan sudah terdapat obat antivirus ini," kata Luhut dalam jumpa pers virtual, Senin (18/10/2021).

Menko Maritim dan Investasi tersebut optimistis kondisi yang terkendali saat ini bisa terus bertahan asalkan semua pihak taat menjalankan protokol kesehatan dan segera mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Luhut Minta Anak Muda Beri Perhatian Khusus ke Perubahan Iklim

"Saya yakin kita semua sudah lelah berhadapan dengan Pandemi Covid-19," jelasnya.

"Keberhasilan kita mengendalikan varian Delta hingga saat ini menegaskan bahwa Indonesia bisa mengatasi berbagai permasalahan dan tantangan ke depan, jika kita melakukannya secara kompak," sambung Luhut.

Diketahui, masa berlaku PPKM berbasis level kembali diperpanjang selama dua pekan hingga 1 November 2021.

Mulai besok 19 Oktober, sebanyak 54 kabupaten/kota di Jawa-Bali akan berstatus PPKM level 2 dan 9 kabupaten/kota akan berstatus PPKM Level 1.

Pada perpanjangan PPKM kali ini, pemerintah juga kembali menambah pelonggaran aktivitas masyarakat, seperti izin anak-anak nonton bioskop dan masuk tempat wisata di daerah PPKM Level 2-1, kapasitas bioskop dinaikkan hingga 70 persen, serta pembukaan sektor wisata air di daerah daerah PPKM Level 2-1.

Baca Juga: Luhut Happy Kasus Covid-19 Mulai Turun

Komentar