alexametrics

Sejarah Hari Santri yang Diperingati 22 Oktober 2021 dan Peran KH Hasyim Asyari

Rifan Aditya
Sejarah Hari Santri yang Diperingati 22 Oktober 2021 dan Peran KH Hasyim Asyari
Sejarah Hari Santri yang Diperingati 22 Oktober 2021 dan Peran KH Hasyim Asyari - Upacara Hari Santri Nasional di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (22/10).

Bagaimana lengkapnya sejarah Hari Santri dan peran KH. Hasyim Asyari?

Suara.com - Hari Santri diperingati dengan tujuan untuk memperingati peran kaum kiai dan kaum santri dalam melawan penjajah yang bertepatan dengan resolusi jihad dari KH Hasyim Asyari tanggal 22 Oktober 2021. Lalu bagaimana lengkapnya sejarah Hari Santri dan peran KH Hasyim Asyari?

Perlu kalian ketahui, sejarah Hari Santri 2021 berhubungan erat dengan sejarah yang membuktikan bahwa para santri bersama pejuang lain berperan aktif dalam merebut kembali kedaulatan negara republik Indonesia dari penjajahan bangsa asing. Informasi lebih lengkap tentang sejarah Hari Santri 2021 ada di bawah ini. 

Sejarah Hari Santri Nasional

Mengutip dari berbagai sumber, Hari Santri nasional dibentuk dengan tujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang resolusi jihad KH. Hasyim Asyari. Resolusi jihad itu dilakukan untuk menggerakkan kaum pemuda santri dan masyarakat untuk berjuang bersama melawan pasukan kolonial yang menduduki Surabaya pada 10 November 1945.

Baca Juga: Siswa MTs Harapan Baru Meninggal saat Susur Sungai, Panglima Santri: Mereka Syuhada

Hasyim Asyari sebelumnya menjabat sebagai Rais Akbar PBNU. Hasyim Asyari memutuskan untuk melakukan jihad melawan pasukan kolonial di Surabaya, Jawa Timur. Keputusan tersebut dibuat setelah terdengar kabar tentara Belanda berupaya kembali menguasai Indonesia dengan membonceng sekutu.

Para santri disebutkan meminta kepada pemerintah supaya menentukan sikap dan tindakan agar tidak membahayakan kemerdekaan serta agama. Terjadilah pertempuran di Surabaya, antara para santri dan rakyat melawan sekutu. Pemimpin sekutu waktu itu Brigadir Jenderal Aubertin Walter Sothern Mallaby tewas dalam pertempuran tersebut. 

Diputuskan oleh Presiden

Hari Santri Nasional dituangkan ke dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Keputusan tersebut ditandatangani di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Tujuan Hari Santri Nasional adalah untuk mengingatkan masyarakat dan para santri tentang perjuangan dan meneladani semangat jihad para santri yang digelorakan para ulama sebelumnya. Untuk memperingati Hari Santri nasional, terbentuk juga secara khusus sebuah lagu Hari Santri.

Baca Juga: Logo Hari Santri 2021: Tema, Warna dan Makna

Berikut lirik lagu Hari Santri

Komentar