alexametrics

Klaim Pendukung Sudah Sampai Desa, Deklarator Anies Capres: Pentolannya Banyak

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Klaim Pendukung Sudah Sampai Desa, Deklarator Anies Capres: Pentolannya Banyak
Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) usai menggelar acara Deklarasi Anies Rasyid Baswedan for Presiden 2024 di Gedung Joeang 45 Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2021). [Suara.com/Fakhri Fuadi Muflih]

Laode mengklaim aliansinya sudah dibentuk sejak tahun 2018.

Suara.com - Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) telah mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Calon Presiden dalam Pemilihan Presiden (2024) mendatang. Kelompok itu bahkan mengklaim sudah memiliki anggota sampai daerah lain.

Koordinator ANIES, Laode Basir, mengatakan pihaknya sudah menerima banyak dukungan dari tingkat Provinsi sampai Desa. Beberapa angota di antaranya disebut memiliki pengaruh atau pentolan di wilayahnya masing-masing.

Laode mengklaim aliansinya sudah dibentuk sejak tahun 2018.

"Jaringan kami sudah sampai level Kelurahan dan Desa. Jumlahnya sudah sangat banyak, pentolannya sudah sangat banyak, belum yang sifatnya relawan," ujar Laode di gedung Joeang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2021).

Baca Juga: Izinkan Tempat Bermain Anak di Mal Dibuka, Anies: Selalu Waspada, Jangan Berkerumun

Kendati demikian, dalam acara deklarasi yang digelar siang ini, pendukung yang hadir berjumlah 30 orang. Sembilan di antaranya menyebut dirinya sebagai deklarator pendukung Anies Capres.

"Deklarator hari ini hadir yang kami undang hanya sekitar puluhan," tuturnya.

Laode mengatakan alasan kelompoknya mendukung Anies sebagai Presiden adalah karena rekam jejak Anies selama menjadi Gubernur DKI dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Deklarasi Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) kepada Anies Baswedan maju Capres 2024 di Gedung Joeang 45 Menteng, Jakarta pada Rabu (20/10/2021). [Suara.com/Fakhri Fuadi]
Deklarasi Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) kepada Anies Baswedan maju Capres 2024 di Gedung Joeang 45 Menteng, Jakarta pada Rabu (20/10/2021). [Suara.com/Fakhri Fuadi]

Anies juga disebutnya memiliki karakter yang mumpuni sebagai seorang Presiden.

"Ditambah beberapa karakter yang kuat sebagai pemimpin. Di antaranya kemampuan berkomunikasi kepada publik yang persuasif dan menggerakkan, responsif atas berbagai masukan dan kritik atas kebijakannya, serta bersikap santun kepada para pihak yang mencacinya," ucapnya.

Baca Juga: Deklarasi Dukung Anies Jadi Capres: Mengapa Mereka Yakin Anies Mampu?

Ketika menjadi Gubernur, Anies dianggap mampu menangani banyak masalah di ibu kota. Sosoknya juga mampu diterima oleh berbagai kelompok dan golongan.

"Selama empat tahun menjadi Gubernur DKI, Anies Baswedan telah berhasil memenuhi sebagian besar janji kampanye yang disampaikan ketika Pilkada," jelasnya.

Karena alasan itu, Anies dinilai mampu mengatasi malasah bangsa di masa depan. Apalagi nantinya Indonesia harus bisa bangkit dari keterpurukan setelah pandemi Covid-19.

"Berdasar berbagai penilaian itu serta menimbang pilihan nama lainnya, Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) menyatakan dukungan penuh bagi pencalonan Anies Baswedan sebagai Presiden dalam Pilpres tahun 2024," pungkas Laode.

Komentar