alexametrics

Tidak Bilang ke Anies Mau Deklarasikan Sebagai Capres, Pendukung: Tak Ada Urusannya

Chandra Iswinarno | Fakhri Fuadi Muflih
Tidak Bilang ke Anies Mau Deklarasikan Sebagai Capres, Pendukung: Tak Ada Urusannya
Sekelompok masyarakat yang mengatasnamakan diri sebagai Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Calon Presiden untuk Pilpres 2024. (Suara.com/Fakhri Fuadi)

Relawan pendukung Anies Baswedan untuk capres 2024 yang tergabung dalam ANIES mengaku tidak bilang ke Gubernur DKI Jakarta tersebut untuk deklarasi dukungan.

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah dideklarasikan pendukungnya sebagai calon presiden (capres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024. Dukungan tersebut datang dari Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES).

Meski begitu, para pendukungnya ternyata tidak memberitahukan Anies mengenai deklarasi ini.

Koordinator ANIES, sekaligus salah satu deklarator, Laode Basir mengatakan, pihaknya tak melakukan koordinasi apapun dengan Anies sebelum menggelar acara tersebut. Dia menyatakan deklarasi ini merupakan insiatif dari para pendukungnya.

"Ini adalah inisiatif kami, kami tidak terlalu punya kepemtingan untuk pak Anies tahu atau tidak," ujar Laode di gedung Joeang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2021).

Baca Juga: Deklarasi Dukung Anies Jadi Capres: Mengapa Mereka Yakin Anies Mampu?

Menurutnya, pendeklarasian dukungan sebagai Capres merupakan hak siapa saja sebagai bentuk demokrasi. Ia bahkan berharap ke depannya akan ada lagi kelompok lain yang melakukan tindakan serupa dengannya.

"Ini kan negara demokrasi sah-sah saja. Jadi buat kami tidak ada masalah. Hari ini kami mendeklarasikan semoga hari-hari ke depan ada lagi kelompok-kelompok yang mendeklarasikan anies sebagai Presiden," ucapnya.

Deklarator lainnya, Dani Kusuma mengatakan pihaknya juga tidak memiliki urusan dengan Anies atas deklarasi ini. Bahkan, belum ada rencana untuk menemui Anies untuk menyampaikan dukungannya secara langsung.

"Enggak ada urusan. Kami tidak ada urusan dengan pak Anies. Pak Anies kerja saja sebagai Gubernur. Kami relawan hanya menyiapkan landasan ketika pak Anies sudah selesai dari jabatan sebagai Gubernur," tuturnya.

Anies beberapa waktu lalu juga sudah menyampaikan akan berkeliling Indonesia kita selesai menjabat sebagai Gubernur.

Baca Juga: Deklarasikan Anies Jadi Capres 2024, Laode: Telah Penuhi Sebagian Besar Janji Kampanye

Nantinya ketika sudah memulai agendanya, aliansi ini baru akan bergerak menyuarakan dukungannya ke daerah lain.

Komentar