alexametrics

Bacaan Niat Puasa Daud, Lengkap dengan Tata Cara dan Keutamaannya

Rifan Aditya
Bacaan Niat Puasa Daud, Lengkap dengan Tata Cara dan Keutamaannya
Niat puasa Daud - Ilustrasi puasa, muslim berdoa, niat puasa, makan dan doa buka puasa (Elemen Envato)

Berikut ini bacaan niat puasa Daud dan penjelasan tentang keutamaannya.

Suara.com - Puasa Daud merupakan puasa sunnah yang memiliki banyak keutamaan. Puasa Daud juga amalan ibadah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Berikut ini bacaan niat puasa Daud dan penjelasan tentang keutamaannya.

Diketahui, puasa Daud ini adalah puasa yang dilakukan oleh Nabi Daud secara selang-seling, yakni satu hari puasa dan satu hari berbuka. Dengan begitu, tentu saja niat puasa Daud berbeda dengan puasa sunnah pada umumnya.

Disebut puasa Daud karena puasa ini dilakukan oleh Nabi Daud. Dalam menjalankan ibadah wajib dan sunnah, Nabi Daud melakukannya dengan istiqamah.

Termasuk saat dia menjalankan puasa sunah yang dikenal sebagai puasa Daud. Sebagai umat muslim, kita pun disunnahkan untuk menunaikan ibadah puasa Daud.

Baca Juga: Niat Puasa Nazar, Ketentuan, Tata Cara dan Konsekuensi Jika Dilanggar

Menjalankan puasa Daud memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Selain itu  puasa Daud juga berpahala dan amalan ibadah yang disukai Rasulullah SAW. 

Berikut Bacaan Niat Puasa Daud

Bagi yang ingin menunaikan puasa Daud, maka harus membaca niatnya terlebih dulu. Lantas, apa bacaan latin niat puasa Daud? Simak berikut ini niatnya.

Nawaitu Shauma Daawuda sunnatal lillahi ta'ala.

Artinya : "Saya niat puasa Daud, sunah karena Allah Ta'ala".

Baca Juga: Niat Puasa Ganti Ramadhan dan Tata Caranya Terlengkap

Selain mengetahui bacaan niatnya, umat muslim yang ingin menjalankan puasa Daud juga perlu mengetahui tata caranya agar puasanya sah dan mendapat pahala juga berkah.

Komentar