alexametrics

Berkostum Squid Game dan Todongan Senjata, Kemenkumham Ingin Peserta SKD CPNS Lebih Rileks

Agung Sandy Lesmana | Ria Rizki Nirmala Sari
Berkostum Squid Game dan Todongan Senjata, Kemenkumham Ingin Peserta SKD CPNS Lebih Rileks
Berkostum Squid Game dan Todongan Senjata, Kemenkumham Ingin Peserta SKD CPNS Lebih Rileks. Aksi petugas berkostum Squid Game dengan senjata laras panjang dalam acara SKD CPNS. (Tangkapan layar/Twitter)

"Kami ingin membuat peserta (SKD CPNS) lebih rileks dan bahagia."

Suara.com - Seorang warganet tampak emosi ketika melihat petugas Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) mengenakan kostum Squid Game dan menodongkan senjata laras panjang kepada para peserta. Ternyata petugas itu berasal dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur.

Menurut keterangan yang disampaikan Hummas Kanwil Kemenkumham Jatim, pihaknya menggelar SKD CPNS Formasi Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian pada Rabu (20/10/2021). Penggunaan kostum 'pink soldier' Squid Game itu dilakukan mereka sebagai cara unik untuk mencarikan ketegangan para peserta.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono menjelaskan kalau pihaknya memang sengaja mengambil tema Squid Game untuk menciptakan suasana yang berbeda dalam tes CPNS. Adapun penggunaan tema tersebut diharapkan membuat peserta tidak tegang saat menjalani tes.

"Kami ingin membuat peserta (SKD CPNS) lebih rileks dan bahagia," kata Krismono dalam keterangannya, Kamis (21/10/2021).

Baca Juga: Petugas Pakai Kostum Squid Game Todongkan Senjata ke Peserta SKD CPNS, Warganet: Norak!

Krismono kemudian menjelaskan kalau permainan dalam film serial asal Korea Selatan itu memiliki kemiripan dengan seleksi CPNS. Menurutnya, peserta tes CPNS harus melewati sejumlah rintangan serupa dengan alur cerita dalam film serial Squid Game.

Aksi petugas berkostum Squid Game dengan senjata laras panjang dalam acara SKD CPNS. (Tangkapan layar/Twitter)
Aksi petugas berkostum Squid Game dengan senjata laras panjang dalam acara SKD CPNS. (Tangkapan layar/Twitter)

Siapapun yang bertahan sampai akhir permainan maka dialah yang akan menjadi pemenangnya. Kendati demikian ia menilai masih ada perbedaan antara Squid Game dengan tes CPNS.

"Tapi bedanya, Squid Game diikuti orang-orang putus asa, sedangkan seleksi CPNS diikuti masyarakat yang penuh semangat dan optimisme," tuturnya.

Selain itu ia juga mengatakan bahwa faktor mental peserta menjadi salah satu yang dominan dalam mengerjakan soal. Krismono menganggap banyak peserta yang terlalu tegang, sehingga hasilnya kurang memuaskan.

Dengan begitu, ia berharap dengan adanya kreativitas dari pihak panitia, bisa sedikit mengendurkan ketegangan yang ada.

Baca Juga: Sebanyak 7.658 Napi di Jatim Bebas Sepanjang 2021

"Kami berharap melalui seleksi ini mendapatkan SDM yang mumpuni secara intelektual dan integritas."

Komentar