alexametrics

Demo Jokowi, BEM SI Tantang Moeldoko Keluar Istana: Jika Tak Datang, Kita Bermalam di Sini

Agung Sandy Lesmana | Yaumal Asri Adi Hutasuhut
Demo Jokowi, BEM SI Tantang Moeldoko Keluar Istana: Jika Tak Datang, Kita Bermalam di Sini
Demo Jokowi, BEM SI Tantang Moeldoko Keluar Istana: Jika Tak Datang, Kita Bermalam di Sini. Massa BEM SI saat demo 7 tahun kepemimpinan Jokowi di kawasan Jakarta Pusat. (Suara.com/Arga)

"...jika beliau tidak datang kita akan menunggu sampai malam di sini."

Suara.com - Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menunggu keberadaan Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko yang berencana menemui para pendemo di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Hal itu terjadi saat ratusan mahasiswa demomemperingati tujuh tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Terkait hal itu, Moeldoko mengutus bawahannya dari KSP untuk menemui perwakilan BEM SI. 

"Mari teman-teman berkumpul, kita tunggu Pak Moeldoko akan menemui kita, jika beliau tidak datang kita akan menunggu sampai malam di sini," kata orator dari mobil komando. 

"Pak Moeldoko, Pak Moeldoko ayok ke sini," sambungnya. 

Baca Juga: Demo Tujuh Tahun Jokowi: Mahasiswa Bakar Ban, Polwan dan Kowad Bagi-bagi Roti

Dalam aksi unjuk rasa ini  ada 12 tuntutan yang mereka sampaikan di antaranya, menuntut dan mendesak pemerintah untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang untuk membatalkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. 

Kemudian, menuntut memecat  Firli Bahuri sebagai Ketua KPK, Batalkan TWK, Hadirkan Perppu atas UU KPK no. 19 tahun 2019 serta Kembalikan marwah KPK sebagai realisasi  janji-janji Jokowi dalam agenda pemberantasan Korupsi. 

Dalam orasinya mereka juga memita Jokowi mundur dari jabatannya. 

"Mundur, mundur, Jokowi," teriak orator dari mobil komando yang diikuti massa aksi. 

Selain menyampaikan aspirasinya lewat orasi, massa juga membawa sejumlah poster bertuliskan kritikan kepada Jokowi, seperti '7 tahun Jokowi Khianati Rakyat,' Gruduk Istana Oligarki, 7 Jokowi Khianati Rakyat,' dan 'Reformasi Habis Dikorupsi Oligarki.' 

Baca Juga: Sekelompok Orang Bakar Ban Bekas saat BEM SI Demo Jokowi, Orator: Masuk Barisan Kawan!

Aksi unjuk rasa ini juga digelar di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti di Lampung, Riau, Palembang, Kalimantan, NTB, Solo, Yogyakarta, dan beberapa daerah lainnya.

Komentar