alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Jokowi Nyatakan Berminat Jadi Presiden Tiga Periode, Benarkah?

Rifan Aditya | Nur Afitria Cika Handayani
CEK FAKTA: Jokowi Nyatakan Berminat Jadi Presiden Tiga Periode, Benarkah?
Presiden Jokowi saat mengucapkan selamat kepada Partai Demokrat yang berulang tahun ke 20 tahun. (Tangkapan layar/virtual)

Fakta soal pernyataan Jokowi yang berminat jadi presiden tiga periode.

Suara.com - Beredar video menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sebuah pernyataan yang mengaku dirinya berminat menjadi presiden tiga periode.

Video tersebut beredar di media sosial TikTok. Dalam video tersebut, Jokowi tampak mengenakan kemeja putih.

Dalam video berdurasi singkat itu, dirinya mengaku berminat menjadi presiden tiga periode.

"Saya tegaskan saya berminat menjadi presiden tiga periode," ujar Jokowi dalam video yang beredar.

Baca Juga: Soal Sanksi WADA, Jokowi Akhirnya Panggil Menpora dan LADI ke Istana

Lantas, benarkah kabar tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Suara.com, kabar yang menyebutkan Jokowi berminat menjadi presiden tiga periode adalah salah atau hoaks.

Diketahui, video yang memperlihatkan Jokowi memberikan pernyataan siap menjadi presiden tiga periode merupakan video yang diedit.

Faktanya, video tersebut diambil dari video yang diunggah oleh kanal Sekretariat Presiden berjudul 'Keterangan Pers Presiden Jokowi, Istana Merdeka, 15 Maret 2021'.

Baca Juga: CEK FAKTA: Lesti Kejora Resmi Dilantik Jadi Bupati Cianjur, Benarkah?

Dalam video aslinya, Jokowi memberikan tanggapan mengenai isu usulan presiden tiga periode.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar