alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Viral Video Jenazah Covid-19 Sedang Merokok, Benarkah?

Dany Garjito | Ruth Meliana Dwi Indriani
CEK FAKTA: Viral Video Jenazah Covid-19 Sedang Merokok, Benarkah?
CEK FAKTA Viral Video Jenazah Covid-19 Sedang Merokok. (Turnbackhoax.id)

Beredar video jenazah pasien Covid-19 yang sedang merokok di tangah tumpukan mayat dalam plastik hitam. Benarkah?

Suara.com - Beredar luas video penampakan jenazah pasien Covid-19 yang sedang merokok di tangah tumpukan mayat dalam plastik hitam.

Narasi ini dibagikan oleh akun Twitter Tanya (@Tanya08284592). Akun ini menuliskan narasi seorang pria jenazah Covid-19 sedang merokok di antara tumpukan mayat dalam plastik hitam lainnya.

Video dengan narasi tersebut diunggah pada 1 September 2021. Narasi tersebut kemudian menjadi viral dan mendapatkan atensi warganet, di mana video telah ditonton sebanyak 1.339 kali.

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

Baca Juga: Viral Pria Isi Bahan Bakar dengan Nominal Tak Terduga, Respons Petugas SPBU Disorot

Narasi:

Why is that guy in the body bag smoking ?????

(“Mengapa orang dalam kantong jenazah itu merokok ?????”)

Narasi dalam video:

Supposedly these are coronavirus deaths… he’s smoking WTF??

Baca Juga: Viral Cewek Tak Direstui Camer karena Jualan Sayur, Omzet Per Hari Jadi Tamparan

(“Seharusnya ini semua adalah kematian karena virus corona… dia merokok WTF??

CEK FAKTA Viral Video Jenazah Covid-19 Sedang Merokok. (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA Viral Video Jenazah Covid-19 Sedang Merokok. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, video jenazah pasien Covid-19 yang sedang merokok di tangah tumpukan mayat dalam plastik hitam tidak benar.

Faktanya, pria yang merokok dalam video itu bukanlah jenazah Covid-19. Beberapa tumpukan plastik hitam di sekitar pria itu adalah properti untuk syuting.

Properti tersebut digunakan untuk pembuatan video klip lagu seorang rapper Rusia bernama Dmitry Nikolayevich Kuznetsov alias Husky. Lagu tersebut berjudul “Never-Ever”.

Cuplikan video itu dapat dilihat dalam highlight akun Instagram KIRILL (@kirill.groshev) yang bernama Husky | N-E.

Unggahan dengan klaim serupa juga pernah dibahas oleh Turnbackhoax.id dalam dua artikel. Artikel pertama berjudul "[SALAH] 200 Mayat Korban Covid-19 Sekali Kubur di Italia" yang terbit pada 18 September 2020.

Lalu artikel kedua adalah "[SALAH] Video Lebih banyak mayat bertumpuk akibat COVID, tapi salah satunya menghisap rokok". Artikel ini terbit pada 6 Agustus 2021.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, maka video jenazah pasien Covid-19 yang sedang merokok di tangah tumpukan mayat dalam plastik hitam adalah hoaks.

Narasi tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar