alexametrics

Besarnya Pahala di Balik Cobaan Dunia, Ceramah Ustadz Khalid Basalamah

Rifan Aditya
Besarnya Pahala di Balik Cobaan Dunia, Ceramah Ustadz Khalid Basalamah
Besarnya Pahala di Balik Cobaan Dunia, Ceramah Ustadz Khalid Basalamah - Ustaz Khalid Basalamah. [YouTube/Khalid Basalamah Official]

Berikut penjelasan mengenai besarnya pahala di balik cobaan dunia dalam ceramah Ustadz Khalid Basalamah yang diunggah ke Youtube.

Suara.com - Seberapa besarnya pahala di balik cobaan dunia? Pahala diartikan sebagai hadiah yang kita peroleh karena telah berkelakuan baik dari Allah SWT. Sementara cobaan merupakan cobaan yang menimpa manusia berdasarkan ketentuan Allah SWT.

Seseorang yang mampu menerima cobaan, melalui, dan menghadapinya akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Demikian itulah konsep sederhananya. Namun, pertanyaan tentang berapa besarnya pahala di balik cobaan dunia kadang merisaukan umat Islam.

Lalu banyak yang bertanya-tanya bagaimana hukum besarnya pahala di balik cobaan dunia dari Allah SWT. Tentu saja hal itu tak dapat dengan mudah kita perkirakan berapa besaran pahala yang kita terima di balik cobaan di dunia itu. 

Meskipun demikian Semua bentuk cobaan yang kita terima pasti akan membuahkan pahala yang besar, kata Ustadz Khalid Basalamah melalui channel official YouTube Khalid Basalamah.

Baca Juga: 10 Manfaat Sedekah, Luar Biasa Dampak Terhadap Kehidupan

Dalam siaran tersebut, beliau memberikan nasehat singkat tentang besarnya pahala di balik cobaan dengan mengatakan kalau Allah memberi cobaan penyakit, cobaan bangkrut, diganggu orang dan lain sebagainya, kita harus sabar. Dengan sabar kita akan mendapatkan pelajaran hidup yang berharga dan pahala yang besar. 

Beliau mengatakan hal itu dengan menceritakan kembali kata-kata Nabi SAW yang telah diriwayatkan oleh HR. Baihaqi, seperti berikut ini,

"Manusia pada hari kiamat menginginkan kulitnya dipotong-potong dengan gunting ketika di dunia karena mereka melihat betapa besarnya pahala orang-orang yang tertimpa cobaan di dunia." [HR. Baihaqi, lihat ash Shohihah : 2206]

Berdasarkan pada hadits riwayat itu, beliau mengajak kita berandai-andai melihat besarnya pahala di balik cobaan di dunia di antara orang-orang yang sedikit menerima cobaan. 

"Seandainya nanti orang yang menerima sedikit cobaan di dunia melihat di akhirat pahala orang yang banyak cobaannya, saking besarnya dan kedudukannya tinggi di sisi Allah, Mereka (yang sedikit cobaannya) berharap kembali ke dunia, lalu digunting-gunting kulitnya. Nah ini sakit, digunting kulit, tapi mereka berharap itu supaya mendapat pahala yang besar di akhirat nanti," kata Ustadz Khalid.

Baca Juga: Bisakah Melakukan Pahala Amal Shalih untuk Orang Tua? Ini Kata Syekh Ali Jaber

Beliau melanjutkan penjelasan dengan nada yang lebih menyentuh bahwa kita semua harus bersabar ketika menerima cobaan dari Allah SWT, ketika masih di dunia. Kesabaran dan keikhlasan akan membawa kita kepada posisi yang tinggi di hadapan Allah SWT, dan menerima hadiah darinya lebih baik daripada orang-orang yang hanya menerima sedikit cobaan di dunia. 

Komentar