alexametrics

Sah! Putri Mako Resmi Menikah dengan Warga Biasa, Tinggalkan Keluarga Kerajaan

Reza Gunadha | Hikmawan Muhamad Firdaus
Sah! Putri Mako Resmi Menikah dengan Warga Biasa, Tinggalkan Keluarga Kerajaan
Putri Mako dan Kei Komuro. [BBC]

Putri Mako resmi menikah dengan tunangannya, Kei Komuro.

Suara.com - Putri kaisar Jepang resmi menikahi kekasihnya pada hari Selasa (26/10/2021) dan meninggalkan keluarga kerajaan menjadi warga negara biasa.

Menyadur NDTV Selasa (26/10/2021), Badan Rumah Tangga (IHA) Kekaisaran mengumumkan bahwa putri Mako resmi menikahi tunangannya, Kei Komuro.

Pasangan yang sama-sama berusia 30 tahun tersebut menikah pada Selasa (26/10/2021) tanpa ritual dan upacara yang biasanya dilakukan oleh keluarga kerajaan.

IHA menyerahkan dokumen ke kantor urusan pernikahan setempat dan mengungkapkan jika pernikahan putri Mako tidak menyelenggarakan resepsi.

Baca Juga: Ingin Cepat Mahir Bahasa Jepang? Yuk, Coba 4 Cara Ampuh Ini!

Mako juga menolak untuk menerima kompensasi sekitar 1,3 juta dolar atau sekitar Rp 18,4 miliar dari kerajaan.

Kompensasi tersebut biasanya diberikan kepada wanita kerajaan yang menikah dengan rakyat biasa dan menjadi warga negara biasa, sesuai dengan hukum Jepang.

Tayangan televisi lokal menunjukkan Mako, mengenakan gaun biru pastel dan mutiara, mengucapkan selamat tinggal kepada orang tuanya.

Ibu Mako terlihat berkedip, seolah menahan air mata ketika putrinya berpamitan untuk keluar dari keluarga kerajaan.

Meskipun Mako membungkuk secara formal kepada orang tuanya, saudara perempuannya meraih bahunya dan keduanya berpelukan lama.

Baca Juga: Merinding! Pengunjung Taman Hiburan Terjebak di Rollercoaster Gegara Mati Listrik

Sore harinya, Mako dan suami akan menggelar jumpa pers. Mereka akan membuat pernyataan singkat dan memberikan jawaban tertulis.

"Beberapa pertanyaan mengambil informasi yang salah sebagai fakta dan membuat sang putri kesal," kata pejabat di IHA, menurut televisi publik NHK.

Putri Mako dan Komuro pertama kali mengumumkan pertunangan mereka pada 2017. Namun, tanggal pernikahan mereka diundur karena masalah finansial antara ibu Komuro dan mantan tunangannya.

Putri dari mantan kaisar Akihito tersebut pertama kali bertemu dengan Komuro di Universitas Internasional Christian di Tokyo pada 2012.

Sebelum diperkenalkan sebagai tunangan putri kaisar, Komuro lebih dikenal sebagai Pangeran Laut setelah tampil dalam kampanye wisata pantai untuk kota Fujisawa, di selatan ibu kota.

Pasangan tersebut diperkirakan akan pindah ke New York setelah menikah karena Komuro akan bekerja sebagai pengacara di sana.

Komentar