alexametrics

Cara Agar Semangat Membaca Al-Quran yang Dicontohkan Syekh Ali Jaber

Rifan Aditya
Cara Agar Semangat Membaca Al-Quran yang Dicontohkan Syekh Ali Jaber
Cara Agar Semangat Membaca Al-Quran yang Dicontohkan Syekh Ali Jaber - Ilustrasi wanita muslim hijab membaca alquran (elemen envato)

Membaca Al-Quran merupakan amalan ibadah yang wajib untuk dilakukan oleh setiap umat muslim. Bagaimanakah cara agar semangat membaca Al-Quran?

Suara.com - Membaca Al-Quran merupakan amalan ibadah yang wajib untuk dilakukan oleh setiap umat muslim. Namun kadang kita kurang semangat melakukannya. Lalu bagaimanakah cara agar semangat membaca Al-Quran?

Al-Quran menjadi kita suci yang diturunkan kepada Rasulullah SAW melalui Malaikat Jibril. Perintah untuk membaca Al-Quran ini termaktub dalam hadist Rasulullah SAW.

Kata ‘Abdullah ibn Mas‘ud, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf,” (HR. At-Tirmidzi).

Dilansir dari laman Jabar Kemenang, keistimewaan membaca Al-Quran dapat menjadikan suasana sekitar menjadi lebih damai, tenang dan penuh keberkahan. Sehingga banyak orang yang berbondong-bondong untuk membaca dan meng­khatamkan Al-Quran terutama di bulan Ramadhan yang penuh berkah.

Baca Juga: Amalan Saat Terbangun di Malam Hari, Ini Kata Syekh Ali Jaber

Namun sering kali seseorang menjadi malas untuk membaca Al-Quran di luar bulan Ramadhan. Berikut ini adalah cara agar semangat membaca Al-Quran yang perlu diketahui.

Dilansir dari kanal YouTube Syekh Ali Jaber yang diunggah pada 13 September 2020 menjelaskan bagaimana cara semangat membaca Al-Quran.

Syekh Ali Jaber menganjurkan bagi setiap umat muslim untuk membaca doa: “Ya muqollibal quluub tsabbit quluubanaa ‘alaa dinnik”.

Artinya: “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu."

Doa ini dapat dibaca setelah membaca doa pada posisi sujud dalam sholat. Syekh Ali Jaber berkata, “Setelah kita membaca Subhana robbi al a’ala langsung membaca Ya muqollibal quluub tsabbit quluubanaa ‘alaa dinnik,”.

Baca Juga: Doa Tahlil Mayit Perempuan dan lelaki, Ini Susunan Bacaan Lengkap ada 38 Bacaan

Setelah itu, seorang muslim harus senantiasa memperbanyak istighfar setiap saat. Syekh Ali Jaber menurutkan bahwa seorang yang sibuk memikirkan urusan dunia yang membuat seseorang berdosa akan membuat iman menjadi lemah. Oleh karena itu diharuskan untuk memperbanyak istighfar kepada Allah SWT.

Komentar