alexametrics

Apa Itu Ide Pokok? Simak Cara Menemukannya

Rifan Aditya
Apa Itu Ide Pokok? Simak Cara Menemukannya
Apa Itu Ide Pokok? Simak Cara Menemukannya - Ilustrasi membaca (freepik)

Ide pokok dalam paragraf merupakan pesan penulis tentang topik yang sedang ia tulis atau bicarakan. Hal ini sering diungkapkan secara langsung atau bisa juga tersirat.

Suara.com - Ide pokok dalam paragraf merupakan pesan penulis tentang topik yang sedang ia tulis atau bicarakan. Hal ini sering diungkapkan secara langsung atau bisa juga tersirat.

Dalam pelajaran bahasa Indonesia, ide pokok juga disebut sebagai gagasan pokok, pikiran utama dalam sebuah paragraf. Lalu, di mana ide pokok bisa ditemukan dan seperti apa contohnya?

Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai ide pokok dalam paragraf yang dilansir dari Columbia College Student.

Dimana ide pokok ditemukan?

Baca Juga: Apa Itu Teks Prosedur Kompleks: Struktur, Tujuan dan Kaidah Bahasa

Sebenarnya, cara mengidentifikasi ide pokok sangat mudah dan dapat secara langsung diungkapkan dalam teks. Biasanya, ide pokok sering ditemukan:

  1. Di awal paragraf
    Kalimat pertama sering menjelaskan subjek yang sedang dibahas dalam bagian itu.
  2. Dalam kalimat penutup sebuah paragraf
    Jika di akhir paragraf, ide pokok dapat dinyatakan sebagai ringkasan informasi serta tautan ke informasi di paragraf berikutnya.

Cara menemukan ide pokok dalam paragraf

Ide pokok tidak selalu dinyatakan dengan jelas. Lebih sulit untuk mengidentifikasi ide pokok ketika disimpulkan atau tersirat.

Meskipun begitu ide pokok dapat ditemukan melalui kata-kata lain dalam paragraf. Gagasan utama tersirat dapat ditemukan dalam beberapa cara:

  1. Beberapa kalimat dalam sebuah paragraf dapat menyiratkan ide pokok dengan memperkenalkan fakta tentang topik sebelum benar-benar menyatakan topik.
  2. Ide pokok paragraf tersirat dapat diambil dari fakta, alasan, atau contoh yang memberi petunjuk atau saran mengenai gagasan utama. Petunjuk ini akan menjadi petunjuk yang menuntun Anda untuk menemukan ide utama dalam teks yang dipilih.

Cara mengetahui anda telah memilih ide pokok paragraf dengan tepat

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Resmi Kedua Vietnam?

Jika Anda dapat meringkas informasi dalam bacaan dengan kata-kata Anda sendiri, Anda telah menyerap ide pokok dalam paragraf tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, coba langkah-langkah yang tercantum di bawah ini:

Komentar