alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Shah Rukh Khan Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Pesawat, Benarkah?

Rifan Aditya | Ruth Meliana Dwi Indriani
CEK FAKTA: Shah Rukh Khan Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Pesawat, Benarkah?
CEK FAKTA Shah Rukh Khan Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Pesawat. (Turnbackhoax.id)

Beredar kabar duka aktor Hollywood, Shah Rukh Khan meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan pesawat terbang. Benarkah?

Suara.com - Beredar kabar duka aktor Bollywwood, Shah Rukh Khan meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan pesawat terbang pada 14 Oktober 2021.

Kabar duka ini beredar melalui artikel di sebuah media online. Artikel itu mengabarkan jika bintang papan atas India itu mengalami kecelakaan pesawat pada 14 Oktober 2021.

Artikel tersebut juga dilengkapi kompilasi gambar mengenai peristiwa itu. Di antaranya adalah gambar orang-orang berduka dan tragedi kecelakaan pesawat.

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

Baca Juga: Mahasiswa UNS Asal Karanganyar Tewas Saat Diklat Menwa, Ini Kata Bupati

Aktor Bollywood Terkenal di Dunia Shah Rukh Khan Meninggal dalam Kecelakaan

CEK FAKTA Shah Rukh Khan Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Pesawat. (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA Shah Rukh Khan Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Pesawat. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, kabar duka Shah Rukh Khan meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan pesawat terbang pada 14 Oktober 2021 tidak benar.

Faktanya, semua gambar dalam artikel itu diambil dari peristiwa kecelakaan dan kematian yang tidak bersangkutan dengan Shah Rukh Khan.

Baca Juga: Reza Artamevia Turut Berduka Cita atas Meninggalnya Oddie Agam

Gambar pertama adalah foto Shah Rukh Khan yang telah diedit. Foto itu telah beredar sejak tahun 2012 dan dapat ditemukan di website https://www.peakpx.com/en/hd-wallpaper-desktop-nglbc.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar