alexametrics

Bacaan Doa setelah Mimpi Buruk dan Haditsnya

Rifan Aditya
Bacaan Doa setelah Mimpi Buruk dan Haditsnya
Bacaan Doa setelah Mimpi Buruk dan Haditsnya - Ilustrasi seorang perempuan tak bisa tidur nyenyak karena mimpi buruk. (Shutterstock)

Berikut adalah ulasan tentang doa setelah mimpi buruk, mari simak!

Suara.com - Mimpi adalah sebuah hal yang tidak dapat dikontrol oleh manusia. Apalagi jika mengalami mimpi buruk, orang pasti akan terbangun dan merasa tidurnya terganggu. Adakah doa setelah mimpi buruk yang dapat dipanjatkan seorang muslim?

Jawabannya ada. Bahkan orang Islam dianjurkan membaca doa berikut ini setelah mengalami mimpi buruk. Berikut adalah ulasan tentang doa setelah mimpi buruk, mari simak!

Hadits tentang Mimpi

Perlu anda ketahui bahwa mimpi merupakan salah satu bagian dari 46 bagian kenabian, hal ini dijelaskan melalui sebuah hadits yang diriwayatkan oleh seorang sahabat yang bernama Ubadah bin Shamit, Rasulullah SAW pernah bersabda:

Baca Juga: Doa Sebelum Tidur Syekh Ali Jaber, Bekal Menuju Kematian

"Mimpi seorang mukmin adalah satu dari 46 bagian kenabian." (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi)

Doa setelah Mimpi Buruk

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa mimpi buruk terdapat banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya sebuah mimpi, termasuk mimpi buruk. Rasulullah mengajarkan doa yang dapat dipanjatkan setelah mendapati mimpi buruk.

Berikut adalah bacaan doa setelah mimpi buruk:

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

Baca Juga: Bacaan Doa Tidur dan Amalan-amalan Baik Penyempurnanya

Artinya, "Dialah Allah. Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu."

Komentar