facebook

Peringati Hari Pahlawan, Kemensos Akan Libatkan Ratusan Anak

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Peringati Hari Pahlawan, Kemensos Akan Libatkan Ratusan Anak
Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini saat konferensi pers terkait persiapan Hari Pahlawan 2021. (Restu Fadilah/Suara.com)

Ini agar anak-anak bangsa tidak lemah dalam membangun peradaban.

Suara.com - Kementerian Sosial (Kemensos) mulai melakukan serangkaian persiapan untuk memperingati hari pahlawan yang jatuh pada 10 November 2021 mendatang. Dalam peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Kemensos akan melibatkan ratusan anak. Mereka akan dilibatkan dalam rangkaian upacara maupun kegiatan lainnya seperti berziarah ke taman makam pahlawan, kunjungan ke museum hingga tabur bunga di laut.

Saat berkunjung ke taman makam pahlawan, anak-anak ini akan diajak untuk membantu membersihkan makam tersebut. Mereka juga akan diceritakan tentang bagaimana perjuangan pahlawan yang mereka ziarahi tersebut saat melawan penjajah.

Begitu juga ketika mereka diajak ke museum. Di museum, mereka akan diberikan wawasan dari Garnisun dan Veteran tentang bagaimana perjuangan para pahlawan saat melawan penjajah yang mana itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sedang tabur bunga di laut, untuk mengenang jasa para pahlawan lantaran banyak yang gugur di lautan.

Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini menjelaskan, serangkaian kegiatan tersebut bertujuan untuk mengingatkan anak muda bahwa kemerdekaan ini bukanlah pemberian atau hadiah, melainkan perjuangan dari para pahlawan sejak Indonesia masih terdiri dari beberapa kerajaan. Pemahaman-pemahaman tersebut diharapkan bisa menjadi pupuk bagi anak-anak bangsa untuk tidak lemah dalam membangun peradaban.

Baca Juga: Mensos Dirikan Gudang Kebutuhan Pokok bagi Warga Kalbar Terdampak Banjir

"Veteran yang masih ada bisa memberikan wawasan kepada anak-anak kita tentang bagaimana saat itu untuk merdeka itu butuh perjuangan panjang. Sehingga mereka tidak jadi lemah, tetap semangat untuk terus berjuang," ucap Risma saat Konferensi Pers di Kemensos, Jakarta Pusat, Jumat, (11/10/2021).

Risma memastikan, anak-anak yang dilibatkan dalam peringatan Hari Pahlawan 2021 ini adalah mereka yang sudah divaksin. Ini mengingat kondisi masih dalam masa pandemi.

"Yang akan kita kumpulkan anak-anak seluruh Indonesia itu anak SMA karena mereka yang sudah vaksin. Jadi yang harus sudah vaksin," tegas Risma.

Risma menambahkan, kegiatan ini diharapkan tidak berhenti di sini, melainkan ada kelanjutannya. Oleh karena itu, dia akan menggandeng pihak-pihak sekolah agar ke depan anak-anak ini bisa terus dilibatkan untuk peringatan hari nasional lainnya.

Baca Juga: Rekomendasi Pemberian Vaksin COVID-19 untuk Anak-anak

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar