facebook

Bacaan Doa Sesudah Wudhu Lengkap dengan Urutanya

Rifan Aditya
Bacaan Doa Sesudah Wudhu Lengkap dengan Urutanya
Doa sesudah wudhu - Ilustrasi wudhu, berwudhu, muslim (Elemen Envato)

Berikut ini niat dan doa sesudah wudhu.

Suara.com - Salah satu syarat sah shalat yaitu suci dari hadas kecil dan hadas besar. Bicara soal hadas kecil, untuk suci dari hadas kecil bisa dilakukan dengan berwudhu. Berikut ini niat dan doa sesudah wudhu.

Mengenai suci dari hadas, Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim, adapun bunyi hadistnya seperti berikut ini:

"Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, 'Allah tidaklah menerima shalat salah seorang di antara kalian ketika ia berhadas sampai ia berwudu.' Ahdatsaberarti muncul hadas yaitu sesuatu yang keluar dari salah satu dari dua jalan atau pembatal wudu lainnya." 

Agar wudhu dianggap sah, kamu harus memerhatikan urutannya. Mulai dari niat, doa wudhu, hingga doa sesudah wudhu. Untuk lebih lengkapnya, mari simak berikut ini bacaannya. 

Baca Juga: Umur Tak Ada yang Tahu, Baca Doa Tidur agar Dilindungi Allah SWT

Bacaan Doa Sebelum Wudhu dan Doa Sesudah Wudhu

Sebelum melakukan wudhu, dianjurkan agar umat muslim berdoa terlebih dahulu dengan membaca syahadat. Adapun bacaannya sebagai berikut:

“Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah."

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah."

Setelah membaca doa, dilanjutkan membaca niat wudhu. Membaca niat adalah salah satu syarat syah wudhu. Adapun bacaan niatnya sebagai berikut:

Baca Juga: Amalan dan Doa Mustajab saat Hujan

"Nawaitul wudhu’a lirof’il hadasil ashghori fardhol lillaahi ta’aala."

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar