facebook

Letak dan Luas Indonesia berdasarkan Letak Astronomis dan Geografis

Rifan Aditya
Letak dan Luas Indonesia berdasarkan Letak Astronomis dan Geografis
Letak dan Luas Indonesia berdasarkan Letak Astronomis dan Geografis - Ilustrasi peta Indonesia (Shutterstock).

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang letak dan luas Indonesia secara astronomis dan geografis, mari simak!

Suara.com - Negara Indonesia merupakan sebuah wilayah yang termasuk dalam wilayah strategis secara astronomis dan geografis. Lalu dapatkah kalian menjelaskan letak dan luas Indonesia?

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang letak dan luas Indonesia secara astronomis dan geografis, mari simak!

Letak Indonesia

Menyadur dalam Sumber Belajar Kemendikbud RI, letak dan luas sebuah tempat dapat diartikan sebagai penunjuk posisi tempat yang dimaksud diantara tempat lain serta dapat menunjukkan karakteristik wilayah di tempat tersebut.

Baca Juga: Batas-batas Wilayah Indonesia dari Segala Penjuru yang Wajib Kalian Ketahui

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap tempat yang ada di muka bumi memiliki perbedaan antara satu dengan yang lain, perbedaan tersebut mencakup luas wilayah, pembagian zona waktu, iklim dan sebagainya.

Letak Astronomis Indonesia

Berdasarkan letak astronomis, Indonesia terletak di antara 6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT. Artinya, berdasarkan letak astronomis tersebut, Indonesia adalah negara dengan karakteristik iklim tropis.

Letak astronomis adalah sebuah istilah yang mengacu pada letak sebuah wilayah yang sudah diatur berdasarkan titik koordinat yang meliputi garis lintang dan garis bujur. Perlu anda ketahui bahwa mengapa negara kita memiliki kekayaan alam yang berlimpah adalah karena negara kita termasuk dalam wilayah strategis.

Selain dapat dilihat melalui letak astronomis, cara melihat letak wilayah sebuah daerah juga dapat dilihat melalui letak wilayah geografis.

Baca Juga: Letak Geografis Indonesia: Pengertian dan Keuntungannya

Letak Geografis Indonesia

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar