alexametrics

Terjemahan dan Keutamaan Surat Al Kafirun bagi Umat Muslim

Rifan Aditya
Terjemahan dan Keutamaan Surat Al Kafirun bagi Umat Muslim
Terjemahan dan Keutamaan Surat Al Kafirun bagi Umat Muslim

Berikut penjelasan tentang terjemahan dan keutamaan surat Al Kafirun yang wajib dipahami oleh setiap muslim.

Suara.com - Surat Al Kafirun merupakan surat ke-109 dalam Al Quran dan terdiri dari 6 ayat. Meskipun termasuk dalam surat pendek, keutamaan Surat Al Kafirun pun cukup banyak.

Surat ini merupakan surat makkiyah yang diturunkan ketika Rasulullah berada di Mekkah dan diturunkan setelah surat Al Maun. Di dalam surat Al Kafirun mengandung pernyataan bahwa Nabi Muhammad tidak menyembah Tuhan selain Allah dan tidak akan mengikuti perkataan yang diserukan oleh orang kafir.

Dalam surat ini juga menjadi pembeda antara agama Islam dengan agama yang dianut oleh orang-orang kafir. Lantas, apa saja isi dan keutamaan surat Al Kafirun? Melansir dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

Terjemahan Surat Al Kafirun

Baca Juga: Kandungan Pokok dan Manfaat Lengkap dengan Bacaan Surah Al-anam Ayat 1-165

Sebelum membahas tentang keutamaan surat Al Kafirun, kalian perlu tahu dahulu terjemahannya. Sehingga nantinya dapat mengerti dan paham tentang keutamaan surat tersebut.

Berikut ini terjemahan surat Al Kafirun:

Katakanlah: “Hai orang-orang kafir. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku."

Surah Al Kafirun
Surah Al Kafirun - Terjemahan dan Keutamaan Surat Al Kafirun bagi Umat Muslim

Keutamaan Surat Al Kafirun bagi Muslim

1. Membangun dan memperkuat iman

Baca Juga: Surah Al Kafirun: Isi dan Makna, Masya Allah Ada Pesan Toleransi yang Tersembunyi

Membaca Surat Al Kafirun secara tak langsung dapat memperkuat serta membangun iman. Sebab, di dalam Surat Al Kafirun berisi tentang kepatuhan umat manusia terhadap Allah SWT.

Selain itu, surat tersebut juga menunjukkan bahwa manusia adalah orang yang berikrar dan bersaksi hanya pada Allah SWT.

2. Berani menghadapi orang kafir

Makna surat Al Kafirun lainnya adalah Islam berbeda dengan orang kafir dan menentang ajaran selain Islam serta hanya menerima Allah SWT untuk disembah sebagai Tuhan yang sebenarnya.

3. Membedakan antara umat Islam dan umat kafir

Di dalam surat ini juga dijelaskan bahwa surat Al Kafirun menjadi pembeda antara umat Islam dan kafir. Hal ini dengan dibuktikannya ayat yang menyebut bahwa apa yang disembah, diikuti, dan hal-hal lain yang menjadi aturan Islam tidaklah sama dan berbeda dengan apa yang diyakini oleh orang kafir.

Sebab, orang kafir bukanlah muslim dan muslim bukanlah orang kafir. Itulah sebabnya surat ini menjadi identitas sekaligus pembeda antara muslim dengan kafir.

4. Membangun optimisme dalam Islam

Isi surat Al Kafirun juga menjelaskan jika umat Islam tidak perlu takut dan harus optimis untuk menang melawan kafir. Oleh karenanya, diharapkan surat ini dapat memberikan rasa optimisme yang besar dalam melawan segala ajaran dan tipu daya orang kafir. Tak hanya itu, surat ini juga jadi penyemangat agar umat Islam tidak perlu takut serta gentar dalam melawan kekafiran.

5. Lebih menghargai perbedaan dan keyakinan

Perbedaan dalam keyakinan adalah hal yang lumrah. Oleh sebab itu, perlu pembeda. Sebab, saling menghargai dalam kehidupan sehari-hari maupun bermasyarakat adalah hal yang penting dilakukan di era yang modern ini.

Oleh karenanya Allah SWT memerintahkan umat muslim melalui ayat tersebut untuk lebih toleransi terhadap sesama serta menjalankannya sesuai dengan rencana maupun tujuan sang pencipta. 

Sekian penjelasan tentang terjemahan dan keutamaan surat Al Kafirun yang wajib dipahami oleh setiap muslim.

Kontributor : Lolita Valda Claudia

Komentar