facebook

Terima Kunjungan Menteri Senior Singapura, Ma'ruf Singgung Peningkatan Nilai Investasi

Dwi Bowo Raharjo | Ria Rizki Nirmala Sari
Terima Kunjungan Menteri Senior Singapura, Ma'ruf Singgung Peningkatan Nilai Investasi
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima kunjungan kehormatan Menteri Senior sekaligus Menteri Koordinator Bidang Keamanan Nasional Republik Singapura Teo Chee Hean di Istana Wapres, Jakarta Pusat, Rabu (1/12/2021). (Dok. KIP-Setwapres)

Saya memandang ini sangat baik untuk mendukung stabilitas moneter dan keuangan di kedua negara."

Suara.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima kunjungan kehormatan Menteri Senior sekaligus Menteri Koordinator Bidang Keamanan Nasional Republik Singapura Teo Chee Hean di Istana Wapres, Jakarta Pusat, Rabu (1/12/2021).

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf menyebut kalau investasi Singapura di Indonesia terus meningkat meski di tengah situasi pandemi Covid-19.

Ma'ruf mengatakan untuk investasi Singapura di Indonesia mulai Januari hingga September 2021 saja mencapai USD 7,3 miliar.

“Investasi Singapura di Indonesia pada kwartal ketiga secara year-on-year naik 2,8 persen,” kata Ma'ruf.

Baca Juga: Sambut Proyek Rokok Elektrik Sampoerna, Menteri Investasi Singgung Tembakau Masa Depan

Sejalan dengan pernyataan Ma'ruf, Menteri Senior Teo Chee Hean juga mengakui bahwa di bidang ekonomi dan investasi Indonesia dan Singapura terus memiliki hubungan yang sangat kuat.

Kondisi tersebut, dikatakan Menteri Teo juga didukung oleh beberapa perjanjian yang telah ditandatangani kedua negara.

“Di tahun 2020 meski pandemi, investasi dari Singapura ke Indonesia meningkat 50% mencapai 9,8 miliar dolar AS. Saya sendiri terkejut melihat angka-angka itu tetapi ini justru mencerminkan kepercayaan investor terhadap iklim investasi di Indonesia dan juga kepemimpinan di Indonesia,” sebutnya.

Bukan hanya soal investasi, keduanya juga membicarakan soal energi terbarukan. Ma'ruf menyambut baik kesepakatan-kesepakatan yang terjalin antara Indonesia-Singapura terkait pembangunan energi baru dan dapat diperbaharui di berbagai wilayah Tanah Air.

“Karena tugas kita memang menjaga kelestarian bumi untuk generasi yang selanjutnya,” tegasnya.

Baca Juga: Wapres Maruf Amin Desak BKKBN Percepat Penurunan Stunting

Lebih jauh, terkait kerja sama moneter, Ma'ruf mengapresiasi perpanjangan kerja sama keuangan bilateral antara Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS).

“Saya memandang ini sangat baik untuk mendukung stabilitas moneter dan keuangan di kedua negara dan membantu pemulihan dari pandemi,” tuturnya

Sementara, dalam bidang pendidikan, Ma'ruf juga menyambut baik perjanjian kerja sama antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) dengan counterpartnya di Singapura, yang saat ini tengah difinalisasi.

“Rencana kerja sama baik untuk mendorong peningkatan kualitas SDM yang unggul dan mampu menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” ujarnya.

“Saya berharap Indonesia dan Singapura akan terus menjadi mitra maju bersama dalam menanggulangi pandemi, dan juga mengatasi tantangan global."

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar