alexametrics

Sifat Terpuji Nabi Idris Yang Patut Diteladani

Rifan Aditya
Sifat Terpuji Nabi Idris Yang Patut Diteladani
Sifat Terpuji Nabi Idris Yang Patut Diteladani - Ilustrasi Mesir (Shopyfi.com)

Nabi Idris ini salah satu dari 25 nabi. Nah, berikut ini sifat terpuji nabi Idris yang patut diteladani.

Suara.com - Nabi Idris AS adalah keturunan keenam Nabi Adam AS. Menurut sejarah, Nabi Idris bertempat tinggal di Mesir. Nabi Idris ini salah satu dari 25 nabi. Nah, berikut ini sifat terpuji Nabi Idris yang patut diteladani.

Nabi Idris as ini seorang nabi yang berada dalam garis keturunan Nabi Adam dari Qabil dan Iqlima. Qabil dan Iqlima ini merupakan anak dari Nabi Adam AS dan Siti Hawa. Ada banyak sifat terpuji Nabi Idris yang dapat kita teladani. 

Dalam berdakwah, Nabi Idris mengajarkan tauhid, beribadah kepad Allah SWT dan memberikan petunjuk kepada para pengikutnya untuk menyelamatkan diri dari siksa di akhirat dan kehancuran di dunia. 

Diketahui, Nabi Idris mempunyai nama asli Khanukh atau Akhnukh. Dipanggil Idris karena dia selalu mempelajari kitab-kitab suhuf dari Nabi Adam AS serta Nabi Syit AS. Nabi Idris ini adalah keturunan Nabi Adam yang pertama kali diberikan gelar kenabian.

Baca Juga: Teladani Sifat Nabi Nuh yang Luhur dan Riwayatnya

Sifat Terpuji Nabi Idris

Nah, berikut ini beberapa sifat terpuji Nabi Idris dilansir dari berbagai sumber yang patut diteladani dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Giat berdakwah
  2. Cerdas
  3. Memiliki kreativitas tinggi
  4. Jujur
  5. Sabar membawa kepada kemenangan
  6. Selalu berdoa dengam tulus
  7. Tidak pernah putus asa
  8. Tidak pernah bersumpah dalam dusta
  9. Tidak iri dengan keberuntungan orang lain
  10. Rajin belajar
  11. Tidak boros
  12. Bijaksana
  13. Gagah berani

Nabi Idris telah dikaruniai berbagai kecerdasan dan keterampilan, serta mampu membuat alat yang akan membantu untuk memudahkan pekerjaan manusia. 

Disebutkan dalam berbagai kisah, Nabi Idris adalah orang yang pertama kali mengajar menjahit, menata pakaian, ilmu berhitung, ilmu alam, ilmu falak, menguasai berbagai bahasa, memahami masalah kedokteran, dan menulis dengan pena.

Mengenai sifat terpuji Nabi Idris AS ini terantum juga dalam Alquran dam bisa dipelajari oleh umat Muslim. Allah berfirman dalam QS Maryam ayat 56 yang bunyinya seperti berikut ini.

Baca Juga: 3 Sifat Nabi Zulkifli yang Wajib Kita Teladani

Wazkur fil-kitabi idrisa innahu kana siddiqan nabiyya

Artinya: "Dan ceritakanlah (Muhammad) kisah Idris di dalam Kitab (Al-Qur'an). Sesungguhnya dia seorang yang sangat mencintai kebenaran dan seorang nabi."

Demikian informasi mengenai sifat terpuji Nabi Idris AS yang patut diteladani dan diamalkan oleh umat muslim. 

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar