alexametrics

Teladani Sifat Nabi Nuh yang Luhur dan Riwayatnya

Rifan Aditya
Teladani Sifat Nabi Nuh yang Luhur dan Riwayatnya
Teladani Sifat Nabi Nuh yang Luhur dan Riwayatnya - Ilustrasi sebuah bahtera di tengah laut. [Shutterstock]

Kenapa sifat Nabi Nuh ini penting untuk dipelajari dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari?

Suara.com - Nabi Nuh adalah nabi besar umat muslim. Sifat Nabi Nuh layak untuk kita teladani. Nabi Muh berjuluk Ulul Azmi yang artinya memiliki kesabaran dan ketabahan yang tinggi dalam mengajak kaumnya beriman kepada Allah SWT.

Sifat merupakan salah satu dari sifat Nabi Nuh yang selalu dinasehatkan oleh para ulama kepada umat Islam. Kenapa sifat Nabi Nuh ini penting untuk dipelajari dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari? 

Peristiwa Banjir Bandang

Nabi Nuh pada masanya, hidup selama 950 tahun. Riwayat hidup itu tercantumkan dalam Tafsir Ibnu Katsir . Selama masa hidup itu, Nabi Nuh menyeru kepada umatnya untuk menjauhi sikap dusta dan kembali hidup sesuai dengan hukum Allah SWT.

Baca Juga: Mukjizat Nabi Musa AS dari Membelah Laut hingga Kesaktian Tongkatnya

Akan tetapi, usaha itu tidak pernah didengar oleh umat Nabi Nuh, di kemudian hari, Nabi Nuh setelah kesabaran dan ketabahannya tak diperhatikan oleh masyarakat, Nabi Nuh meminta tolong kepada Allah. Permintaan tolong itu diwujudkan dalam banjir bandang.

Nabi Nuh dan keluarganya menjadi keluarga yang selamat dari banjir bandang karena mendengarkan Allah SWT, membuat perahu dan sampai akhirnya selamat kemudian membangun peradaban baru bersama anak-anaknya. Atas sifat Nabi Nuh yang tabah dan sabar, nama Nabi Nuh diharumkan dalam surat Ash Shaffat: 78, yang memiliki arti:

"Dan Kami abadikan untuk Nuh itu (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang kemudian." (Ash-Shaffat: 78)

Nabi Nuh AS diutus Allah SWT untuk membimbing masyarakat yang tinggal di kawasan Sungai Eufrat dan Tigris. Masyarakat di Kawasan Sungai Eufrat dan Tigris dipimpin oleh raja zalim bernama Darmasyil, manusia pertama yang memeras arak dan meminumnya.

Dia juga manusia pertama yang bermain judi dan membuat baju dihiasi emas. Raja Darmasyil menyembah berhala yang antara lain: Wadd, Siwa', Yaghuts, Ya'uq dan Nasr. 

Baca Juga: Kisah Nabi Isa AS dan Mukjizat yang Diberikan oleh Allah SWT

Riwayat Hidup Nabi Nuh

Komentar