alexametrics

Mau Ikut Reuni 212, Polisi Sempat Periksa 16 Remaja Karena Kumpul di Gambir

Dwi Bowo Raharjo | Yosea Arga Pramudita
Mau Ikut Reuni 212, Polisi Sempat Periksa 16 Remaja Karena Kumpul di Gambir
Massa Reuni 212 yang bertahan di Tanah Abang saat mendengarkan seruan Habib Rizieq Shihab yang dibacakan orator di mobil komando. (Suara.com/Arga)

Dalam pemeriksaan itu, kepolisian mengimbau agar mereka tidak mendekat ke Patung Kuda.

Suara.com - Kepolisian sempat memeriksa sebanyak 16 remaja di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, berkaitan dengan aksi Reuni 212 yang berlangsung Kamis (2/12/2021) ini. Mereka diamankan pada Rabu (1/12/2021) malam ketika hendak mengikuti reuni.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E. Zulpan mengatakan dalam pemeriksaan itu, kepolisian mengimbau agar mereka tidak mendekat ke Patung Kuda pada hari ini.

"Bukan di amankan diperiksa dibawa ke kantor polisi tidak ya tapi memang ada kumpulan-kumpilan anak muda tadi malam berkelompok ya itu tentunya kita himbau untuk tidak mendekat kawasan Patung kuda," kata Zulpan di Tenda Putih, Monas, Jakarta Pusat.

Zulpan melanjutkan, pihaknya juga memeriksa identitas belasan remaja itu. Setelah diperiksa, diketahui mereka berasal dari luar Ibu Kota.

Baca Juga: 4 Santri Diamankan di Perbatasan Tangsel Hendak ke Reuni 212, Polisi: Ngakunya Mau Ngaji

"Setelah kami liat identitasnya mereka juga berasal dari luar kota seperti itu ya," kata dia.

Ibu Kota Kondusif

Polda Metro Jaya mengklaim situasi di Ibu Kota hingga Kamis (2/12) siang aman terkendali. Zulpan menyebut, izin untuk berkumpul dari kepolisian memang tidak dikeluarkan di beberapa titik seperti Patung Kuda hingga Monas.

Zulpan juga menyampaikan, hingga kekinian sudah tidak ada lagi elemen masyarakat yang berkumpul di kawasan Patung Kuda dan sekitarnya. Artinya, masyarakat yang sejak pagi berkumpul di beberapa titik sudah kembali ke kediamannya masing-masing.

"Sampai dengan siang ini tidak ada kelompok elemen masyarakat yang masuk ataupun yang lakukan kegiatan berkumpul ataupun reuni di Patung Kuda dan sekitar," sambungnya.

Baca Juga: Berkedok Jual Ikan Hias, Polisi Amankan Benih Lobster Senilai Rp24,4 Miliar

Pada pukul 10.00 WIB tadi, kata Zulpan, kurang lebih 500 orang yang merupakan bagian dari elemen Reuni 212 sempat berkumpul di Jalan Wahid Hasyim. Oleh pihak kepolisian, lanjut dia, imbauan diberikan agar massa tidak bergerak ke Patung Kuda.

"Nah syukur alhamdulillah masih bisa paham dan setelah itu bubarkan diri. Setelah itu saya pantau hingga saat ini kerumunan masyarakat tidak ada lagi. Masyarakat yang ingin memasukin Patung Kuda untuk laksanakan reuni," papar Zulpan.

"Jadi rekan-rekan, saya ingin sampaikan intinya sampai saat siang ini adalah Jakarta Raya di wilayah hukum PMJ situasinya aman terkendali," tutup dia.

Komentar