alexametrics

Bikin Geger! Berita 4 Warga DKI Terpapar Omicron di Situs Pemkab Bekasi Kini Dihapus

Agung Sandy Lesmana | Fakhri Fuadi Muflih
Bikin Geger! Berita 4 Warga DKI Terpapar Omicron di Situs Pemkab Bekasi Kini Dihapus
Ilustrasi--Pasien Covid-19 bersama para tenaga kesehatan (Nakes). Bikin Geger! Berita 4 Warga DKI Terpapar Omicron di Situs Pemkab Bekasi Kini Dihapus. [ANTARA]

"Beritanya enggak benar ya."

Suara.com - Pemerintah Kabupaten Bekasi membuat geger masyarakat dengan memberitakan soal empat warga asal Jakarta terpapar virus Corona B.1.1.529 atau Omicron. Namun, kini berita tersebut sudah diklarifikasi.

Berita tersebut sempat disiarkan lewat situs resmi Pemkab Bekasibekasikab.go.id. Namun, kini berita tersebut sudah dihapus atau di-takedown. Alamat situs berita tersebut kini sudah tidak bisa lagi diakses.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny juga kini telah membantahnya. Ia menyebut berita tersebut tidak benar.

"Beritanya enggak benar ya," ujar Sri saat dihubungi, Rabu (8/12/2021).

Baca Juga: Empat Warga Jakarta Terpapar Omicron, Wagub DKI: Sedang Kami Teliti

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr Sri Enny Mainiarti. (dok. Diskominfostandi Kab Bekasi)
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr Sri Enny Mainiarti. (dok. Diskominfostandi Kab Bekasi)

Juri Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi juga menyatakan berita tersebut tidak benar adanya. Pihaknya sampai saat ini belum menerima laporan adanya Omicron masuk Indonesia.

"Tidak benar. Sampai saat ini belum ada Omicron," pungkasnya.

Sebut Warga Jakarta Terpapar Covid-19

Dinas Kesehatan Pemkab Bekasi, sebelumnya, mengaku menemukan empat kasus orang terpapar varian baru virus corona B.1.1.529 atau Omicron. Namun, pasien tersebut dikabarkan bukan merupakan warga Bekasi, melainkan DKI Jakarta.

Kabar tersebut disiarkan lewat situs resmi Pemkab Bekasi, bekasikab.go.id. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny sendiri yang menyatakannya dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Menkes Budi Gunadi Bicara Soal Dugaan Temuan Varian Omicron di Kabupaten Bekasi

Menanggapi kabar tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku akan memeriksanya terlebih dahulu. Nantinya Dinas Kesehatan DKI akan langsung memastikan kebenaran kabar tersebut.

“Semua informasi seperti itu penting untuk disampaikan kepada kami untuk disampaikan ke jajaran terkait untuk dapat merespons semuanya,” ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (8/12/2021).

Riza mengakui pihaknya mendapatkan banyak laporan soal omicron. Namun, perlu dipastikan apakah benar atau tidak mengingat gejala yang mirip.

“Ada beberapa informasi itu tapi kita akan cek bersama-sama,” pungkasnya.

Komentar