facebook

Bacaan Latin Niat Puasa Senin Kamis, Sekaligus Puasa Qadha Apa Boleh?

Rifan Aditya
Bacaan Latin Niat Puasa Senin Kamis, Sekaligus Puasa Qadha Apa Boleh?
Bacaan Latin Niat Puasa Senin Kamis, Sekaligus Puasa Qadha Apa Boleh? - Ilustrasi wanita muslim berdoa, niat puasa, dzikir, wanita berjilbab (Elemen envato)

Sebenarnya, bacaan latin niat puasa Senin Kamis sendiri itu berbeda jika dilakukan sekaligus dengan puasa Qadha.

Suara.com - Puasa sunnah yang dapat rutin dilakukan oleh orang Islam adalah puasa senin kamis. Puasa ini dapat sekaligus dikerjakan dengan puasa Qadha Ramadhan. Lantas bagaimana bacaan latin niat puasa Senin Kamis tersebut?

Sebenarnya, bacaan latin niat puasa Senin Kamis sendiri itu berbeda jika dilakukan sekaligus dengan puasa Qadha. Nah, perihal boleh tidaknya merangkap puasa Senin Kamis dengan puasa Qadha telah dijelaskan oleh Ustaz Abdul Somad (UAS).

Dalam video di kanal YouTube Kun Ma Alloh, Ustaz Abdul Somad menjelaskan bahwa boleh melakukan puasa Qadha yang dikerjakan sekaligus dengan puasa Senin Kamis.

"Jika kita puasa wajib di luar Ramadhan pada hari Senin atau Kamis, bolehkah kita niat ganda? Niat puasa wajib, cukup satu niat saja, pada hari Kamis, niat puasa qadha saja," terang UAS.

Baca Juga: Doa Buka Puasa Senin Kamis

Berdasarkan penjelasan Ustaz Abdul Somad, jika puasa Senin Kamis dilakukan sekaligus dengan puasa Qadha, maka kita hanya mengucapkan niat puasa Qadha saja. Meskipun begitu, menurut UAS kita tetap akan mendapat pahala dari puasa senin kamis.

"Sengaja aku niat puasa Qadha karena Allah ta'ala, otomatis dapat tiga. Qadha dapat lunas 1 hari, dapat puasa Syawal, dapat puasa Kamis, cukup niat pausa Qadha saja" kata UAS.

Adapun niat puasa Qadha Ramadhan adalah seperti berikut ini.

Nawaitu shauma ghadin ‘an qadh’I fardhi syahri Ramadhna lillahi ta‘ala.

Artinya: Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah SWT.

Baca Juga: Manfaat Besar Puasa Senin Kamis Lengkap Beserta Tata Caranya

Untuk anda yang masih memiliki hutan puasa Ramadhan tahun lalu, harap segera menggantinya dengan melaksanakan puasa Qadha.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar