facebook

Besok Mulai Vaksinasi Booster, Menkes Budi Pastikan Stok Vaksin Aman

Erick Tanjung | Stephanus Aranditio
Besok Mulai Vaksinasi Booster, Menkes Budi Pastikan Stok Vaksin Aman
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Suara.com/Novian)

Sebelumnya COVAX memberikan komitmen bantuan terhadap 20 persen dari populasi Indonesia, sekarang sudah confirm akan ditingkatkan menjadi 30 persen, ujar Budi.

Suara.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan stok vaksin untuk program vaksinasi Covid-19 masih cukup meski pemerintah akan mulai melakukan vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster pada Rabu (12/1) besok.

Budi mengungkapkan, pemerintah telah mencapai kesepakatan baru dengan Covid-19 Vaccines Global Access (COVAX) Global Alliance for Vaccines and Immunization/GAVI, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO untuk menambah bantuan vaksin ke Indonesia.

"Sebelumnya COVAX memberikan komitmen bantuan terhadap 20 persen dari populasi Indonesia, sekarang sudah confirm akan ditingkatkan menjadi 30 persen dari populasi Indonesia. Kira-kira setara vaksinasi untuk 27 orang atau 54 juta dosis gratis yang bisa diterima pemerintah total dari tahun lalu dan tahun ini," kata Budi dalam jumpa pers, Senin (11/1/2022).

Budi menegaskan vaksin booster gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia, syaratnya sudah berusia 18 tahun ke atas dan sudah mendapatkan vaksin Covid-19 sebanyak dua dosis.

Baca Juga: Gratis! Menkes Budi Ungkap Tata Cara Dapatkan Vaksin Booster Mulai Besok

"Vaksin booster akan dilakukan secara gratis untuk masyarakat Indonesia yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap minimal 6 bulan yang lalu," jelasnya.

Pemberian vaksinasi booster tersebut diprioritaskan bagi tenaga kesehatan, lansia, dan kelompok komorbid dengan immunocompromised.

Bagi orang yang sudah mendapatkan dua dosis vaksin Sinovac akan disuntik vaksin booster dengan takaran setengah dosis Vaksin Pfizer atau setengah dosis AstraZeneca.

Kemudian, bagi orang yang sudah mendapatkan dua dosis vaksin AstraZeneca akan akan disuntik vaksin booster dengan takaran setengah dosis Vaksin Moderna.

Vaksinasi booster gratis ini akan dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah seperti Puskesmas, Rumah Sakit pemerintah, dan Rumah Sakit milik pemerintah daerah.

Baca Juga: Menkes Budi Jelaskan Kombinasi Vaksin Booster Hanya Diberikan Setengah Dosis

Budi memastikan kombinasi vaksin booster ini sudah sesuai dengan rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan/BPOM, Indonesian Technical Advisory Group on Immunization atau ITAGI, serta WHO.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar