facebook

Dari 123.313 Pelaku Perjalanan Internasional Sejak Awal Januari, Menko PMK Sebut 3.923 di Antaranya Positif Covid-19

Chandra Iswinarno | Ummi Hadyah Saleh
Dari 123.313 Pelaku Perjalanan Internasional Sejak Awal Januari, Menko PMK Sebut 3.923 di Antaranya Positif Covid-19
Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (Humas Kemenko PMK).

Sejak 1 Januari 2022 hingga 15 Januari 2022, Menko PMK muhadjir Effendy mengungkapkan ada 3.923 pelaku perjalanan internasional yang positif Covid-19.

Suara.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy membeberkan ada 123.313 pelaku perjalanan internasional dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dari tanggal 1 sampai 15 Januari 2022.

Dari catatan itu, Muhadjir mengungkapkan 3.923 pelaku perjalanan internasional positif Covid-19.

"Dari 123.313 kedatangan internasional melalui Bandara Soekarno-Hatta selama 1 sampai 15 Januari 2022 ditemukan 3.923 kasus positif atau 3,2 persen dan 567 kasus Omicron atau 14,5 persen, semua yang positif tersebut diisolasi sampai dipastikan sembuh," ujar Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Muhadjir menuturkan, dalam menangani peningkatan kasus Omicron dan transmisi lokal kasus Omicron, pemerintah telah melakukan langkah-langkah antisipasi.

Baca Juga: Bill Gates Sebut Covid-19 Varian Omicron Bakal Hilang dan Berubah Jadi Flu Musiman

Antara lain, kata Muhadjir, yakni terus memantau protokol kesehatan, penggunaan aplikasi PeduliLindungi, percepatan vaksinasi termasuk booster dan lain-lain.

"Sebagai contoh, Satgas penanganan Covid-19 BNPB telah menerbitkan regulasi berupa Surat Edaran dan SK terkait pengendalian mobilitas, skrining dan karantina untuk pengendalian lonjakan kasus selama dan setelah Nataru," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Muhadjir juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran kementerian terkait, TNI, Polri, pemuka agama, tokoh masyarakat dan pemerintah daerah, dan elemen masyarakat yang juga ikut menyukseskan penanganan libur Natal dan Tahun Baru 2022.

"Kepada kementerian terkait kepada bapak Panglima TNI, Bapak Kapolri, para pemuka agama tokoh masyarakat, pemerintah daerah atas kerjasamanya baik, sehingga tugas dan tanggung jawab yang diperintahkan oleh Bapak Presiden (Jokowi) kepada kami bersama telah bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," katanya. 

Baca Juga: Omicron Meningkat, Kapolda Cek Proses Karantina Perjalanan Internasional di Bandara Soetta

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar