facebook

Kapan Cap Go Meh 2022 Dirayakan? Ini Tanggal Perayaan Lengkap dengan Sejarahnya

Chyntia Sami Bhayangkara
Kapan Cap Go Meh 2022 Dirayakan? Ini Tanggal Perayaan Lengkap dengan Sejarahnya
Ilustrasin Cap Go Meh, kapan Cap Go Meh 2022 (Pexels)

Kapan Cap Go Meh 2022 dirayakan? Simak ulasannya berikut ini.

Suara.com - Kapan Cap Go Meh 2022 dirayakan? Usai perayaan Tahun Baru Imlek, Cap Go Meh akan digelar.

Untuk menjawab kapan Cap Go Meh 2022 dirayakan, sebagai informasi Cap Go Meh adalah hari penutupan dari perayaan Tahun Baru Imlek. Cap Go Meh dirayakan selama 15 hari yang dimulai pada perayaan Tahun Baru Imlek. Cap Go Meh sendiri berasal dari bahasa Hokkien.

Lantas, kapan Cap Go Meh 2022 dirayakan? “Cap go'' berasal dari angka 15 dan “meh” berarti malam. Jadi Cap Go Meh adalah malam kelima belas. Pada 15 hari tersebut menjadi waktu yang tepat digunakan untuk berdoa dalam meminta keberuntungan. Berdasarkan laman thechinesezodiac.org, 15 hari pada Tahun Baru Imlek merupakan hari yang paling menguntungkan dalam setahun.

Dari penjelasan di atas, kapan Cap Go Meh 2022 dirayakan? Berdasarkan kalender Tahun Baru Imlek 2022 akan diperingati pada 1 Februari 2022 mendatang. Artinya perayaan Cap Go Meh 2573 akan diperingati pada 15 Februari 2022.

Baca Juga: Cara Buat Kartu Ucapan Imlek Pakai Regards, Tanpa Aplikasi Tambahan

Sejarah Cap Go Meh

Perayaan Cap Go Meh ini sudah diperingati sejak zaman dahulu pada masa Dinasti Han (206 SM – 221 M) secara turun temurun hingga saat ini. Cap Go Meh ini diperingati sebagai sebuah penghormatan kepada Dewa Thai Yi. Pada masa itu, perayaan tersebut dilakukan secara tertutup untuk kalangan istana dan belum dikenal oleh masyarakat luas.

Ketika kekuasaan Dinasti Han berakhir, perayaan Cap Go Meh ini mulai dirayakan oleh masyarakat Tionghoa secara meluas. Pada zaman dahulu, masyarakat mengunjungi kuil untuk menerima berkah dari biksu.

Mereka juga menyalakan lentera yang membiarkannya terbang di langit. Pada Tahun Baru Imlek hingga Cap Go Meh, masyarakat diharuskan untuk memperbanyak melakukan perbuatan baik dan menghindari hal-hal negatif yang dapat mendatangkan keburukan.

Perayaan Cap Go Meh

Baca Juga: Apa Arti Warna Merah saat Imlek? Ini Fakta Di Baliknya

Kapan Cap Go Meh 2022 dirayakan? Seperti apa perayaannya? Cap Go Meh dirayakan dengan mengadakan parade dan arak-arakan sepanjang jalan. Lalu pada malam harinya dirayakan dengan melakukan festival lampion. Lampion sendiri memiliki makna penerangan dan kelancaran rezeki bagi siapa pun yang memilikinya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar