facebook

404 Pasien Omicron Dirawat di RSDC Wisma Atlet, 357 di Antaranya Sudah Sembuh

Dwi Bowo Raharjo | Bagaskara Isdiansyah
404 Pasien Omicron Dirawat di RSDC Wisma Atlet, 357 di Antaranya Sudah Sembuh
RSD Wisma Atlet menjadi tempat rawat inap pasien Covid-19. [Antara]

Sejumlah pasien yang terkonfirmasi Omicron tersebut disinyalir tertular ketika setibanya di Indonesia dari berbagai negara.

Suara.com - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengungkapkan bahwa kekinian Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet merawat total 47 orang yang terinfeksi kasus covid varian Omicron.

Jumlah itu diketahui dari total 404 orang yang terkonfirmasi Omicron dan 357 diantara sudah dinyatakan sembuh.

"Sedangkan terkait dengan omicron, total dikonfirmasi di RSDC ada 404, dan sudah sembuh 357, dan masih dirawat 47 orang," kata Wiku dalam rapat dengar pendapat umum dengan Komisi VIII DPR RI, Kompleks Parlemen, Selasa (18/1/2022).

Wiku mengatakan, sejumlah pasien yang terkonfirmasi Omicron tersebut disinyalir tertular ketika setibanya di Indonesia dari berbagai negara. Setidaknya ada 10 negara yang tercatat.

Baca Juga: Pemprov Lampung: Rumah Sakit Siap Hadapi Lonjakan COVID-19 Varian Omicron

"Kalau kita lihat 10 negara besar kedatangan kasus Omicron di RSDC yang pertama adalah Arab Saudi, kedua Turki, ketiga Malaysia, keempat baru Amerika Serikat," ungkapnya.

Lebih lanjut, Wiku menjelaskan, tingkat keterisian tempat tidur di RSDC Wisma Atlet kekinian mencapai 2534. Dari jumlah atau kapasitas tempat tidur sebanyak 5939.

"Tentang Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet sebagai tepat isolasi pasien positif, ini kapsaitas totalnya dari 3 tower yang ada, 5939 hampir 6 ribu, dan yang terpakai 2534 ini per tanggal 17 Januari, dan masih ada 3404 atau 42,68 persen BOR-nya," tuturnya.

Adapun data yang disampaikan Wiku tersebut merupakan data pertanggal 17 Januari 2022. Sementara untuk 18 Januari atau hari ini belum disampaikan dalam rapat dengar pendapat tersebut.

Baca Juga: Dokter Faheem Younus Luruskan Salah Paham Soal 'Gejala Ringan' Varian Omicron, Apa Katanya?

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar