facebook

Biaya Kuliah SNMPTN dan SBMPTN Apa Ada Perbedaannya? Calon Mahasiswa Baru Wajib Tahu

Rifan Aditya
Biaya Kuliah SNMPTN dan SBMPTN Apa Ada Perbedaannya? Calon Mahasiswa Baru Wajib Tahu
Biaya Kuliah SNMPTN dan SBMPTN Apa Ada Perbedaannya? Calon Mahasiswa Baru Wajib Tahu - Ilustrasi kuliah (pexels.com)

Berikut ini penjelasan tentang biaya kuliah SNMPTN dan SBMPTN.

Suara.com - Apa ada perbedaan biaya kuliah SNMPTN dan SBMPTN? Sebagai calon mahasiswa baru, Anda perlu tahu hal ini.

Biasanya, biaya kuliah dapat mempengaruhi kelancaran proses kuliah mahasiswa. Untuk itu sejak awal memilik jalur seleksi, Anda perlu mempertimbangkan faktor ini. Simak penjelasan tentang biaya kuliah SNMPTN dan SBMPTN dalam artikel ini.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui laman resminya telah menginformasikan terkait jadwal resmi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). 

Pendaftaran SNMPTN sendiri akan dimulai pada 14 Februari hingga 28 Februari 2022 mendatang, sedangkan pendaftaran UBTK-SBMPTN akan mulai pada 23 Maret hingga 15 April 2022. Pelaksanaan UTBK-SBMPTN akan berlangsung selama dua gelombang antara lain: 17 Mei – 23 Mei 2022 (Gelombang I) dan 28 Mei – 3 Juni 2022 (Gelombang II).

Baca Juga: UTBK di Depan Mata, Ini 6 Tips Jitu Lolos SBMPTN 2022

Bagi peserta yang diterima di salah satu perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN, diwajibkan untuk membayar biaya kuliah. Apakah terdapat perbedaan jumlah biaya kuliah SNMPTN dan SBMPTN?

Perbedaan Biaya Kuliah SNMPTN dan SBMPTN

Tidak ada perbedaan biaya kuliah SNMPTN dan SBMPTN. Jumlah biaya kuliah yang dibayarkan ke perguruan tinggi ternyata sama saja. Namun perbedaannya adalah ada perguruan tinggi yang menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Biaya Operasional Pendidikan (BOP). 

Jika mahasiswa membayar UKT maupun BOP, maka tidak diperlukan untuk mengeluarkan dana untuk biaya pendidikan lainnya. Seluruh biaya pendidikan mulai dari laboratorium, praktikum dan lain sebagainya sudah termasuk ke dalam UKT atau BOP.

Namun masih ada perguruan tinggi yang mengharuskan mahasiswa membayar biaya lainnya. Oleh karena itu, kebijakan tersebut tergantung dengan ketentuan perguruan tinggi terkait.

Baca Juga: Doa Diterima di Universitas Impian saat SNMPTN 2022, Doa Kelancaran Belajar, Kelancaran Lisan, dan Setelah Belajar

Penetapan kelompok UKT atau BOP setiap semesternya ini dipengaruhi oleh besaran penghasilan orang tua/wali mahasiswa. 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar