facebook

Kunker Spesifik DPR di Pandeglang Diwarnai Suasana yang Akrab dan Hangat

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Kunker Spesifik DPR di Pandeglang Diwarnai Suasana yang Akrab dan Hangat
Kunker spesifik Anggota DPR RI Komisi VIII bersama jajaran Kemensos di Pandeglang. (Dok: Kemensos)

Candaan-candaan receh terlihat mencairkan suasana.

Suara.com - DPR RI Komisi VIII melakukan kunjungan kerja spesifik ke Kabupaten Pandeglang, Banten pada Jumat, (21/1/2022). Suasana akrab dan hangat tampak mewarnai agenda tersebut. Itu terlihat saat Wakil Ketua Komisi VIII Tb Ace Hasan Syadzily yang memimpin rombongan legislator berbincang lepas dengan Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Pepen Nazaruddin dan Bupati Pandeglang, Irna Narulita. Candaan-candaan receh pun terlontar mencairkan suasana.

Kunker Spesifik Komisi VIII DPR ke Kabupaten Pandeglang mengambil tema Kesiapsiagaan Bencana. Dalam pernyataannya, Ace Hasan menyatakan apresiasi dan dukungan Komisi VIII terhadap terobosan Menteri Sosial, Tri Rismaharini yang merealisasikan lumbung sosial di kawasan bencana, termasuk di Kabupaten Pandeglang.

Menurut Ace, lumbung sosial merupakan solusi yang patut didukung untuk memastikan warga tetap mendapatkan dukungan terhadap kebutuhan sosial selama bencana terjadi.

“Lumbung sosial ini penting untuk memastikan warga yang terputus akses transportasinya, tetap mendapatkan dukungan terhadap kebutuhan sosialnya,” katanya di Pandeglang (21/1/2022).

Baca Juga: Kemensos Pantau Psikis Bocah Korban Pelecehan Kuli Bangunan di Tangsel: Membaik dan Ceria

Dalam analisanya, Ace menyatakan, keberadaan lumbung sosial di Pandeglang perlu ditambah. Alasannya karena akses di Pandeglang tidak mudah antara satu dengan wilayah lain.

“Di Kecamatan Sumur, misalnya, menurut saya setidaknya minimal tiga lumbung sosial. Sebab, akses dari Sumur ke Pandeglang itu jauh dan tidak mudah,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Ace memastikan, Komisi VIII akan memberikan dukungan dalam penguatan lumbung sosial, baik untuk pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

“Kami pastikan DPR akan memberikan dukungan,” kata Ace.

Senada dengan Ace, Pepen Nazaruddin menyatakan Kemensos mendorong Pemkab Pandeglang untuk mendirikan lumbung sosial. Sejauh ini, Pemkab Pandeglang telah menentukan 7 lokasi untuk lumbung sosial.

Baca Juga: Pelat Nomor Polri Milik Arteria Dahlan jadi Sorotan, Rekan di Komisi III DPR Bantah Dapat Keistimewaan

“Dari tujuh lokasi lumbung sosial, sebanyak dua sudah didirikan dengan dukungan APBD. Sementara Ibu Bupati mengusulkan lagi lima dengan didukung APBN. Kemensos sedang mengkaji usulan tersebut, dan dalam waktu secepatnya akan kami berikan respon,” kata Pepen.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar