facebook

Inilah Kumpulan Doa untuk Orang Sakit, Bacalah Secara Rutin Agar Cepat Sembuh

Chyntia Sami Bhayangkara
Inilah Kumpulan Doa untuk Orang Sakit, Bacalah Secara Rutin Agar Cepat Sembuh
Ilustrasi berdoa, Kumpulan Doa untuk Orang Sakit (Freepik)

Salah satu doa dari kumpulan doa untuk orang sakit yang sangat mujarab dan sangat umum bisa dilafalkan adalah dengan membaca Al-Fatihah.

Suara.com - Ketika ada sanak saudara, keluarga dekat, teman, maupun tetangga yang jatuh sakit, maka sudah menjadi keharusan bagi kita untuk menjenguknya. Bukan hanya dengan membawakan buah ataupun makanan enak, tapi membacakan doa untuk orang yang sakit itu jauh lebih penting supaya mereka yang sakit cepat sembuh.

Doa untuk orang sakit merupakan hal yang sangat penting dalam Islam, di mana hal tersebut ditunjukkan dengan berbagai hadist dari Rasulullah SAW yang berisi tentang doa bagi orang sakit. Berikut ini adalah beberapa kumpulan doa untuk orang sakit yang perlu diperhatikan:

Doa untuk Orang Sakit

1. “Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman", yang artinya: "Ya Tuhanku, Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri”,  (HR Bukhari, nomor 5742; Muslim, nomor 2191).

Baca Juga: Bacaan Doa Ruqyah untuk Diri Sendiri dan Cara Meruqyah, Lakukan Rutin Agar Terbebas dari Gangguan Jin

Doa di atas bisa dibaca setiap mengunjungi sahabat dan kerabat sesama muslim yang sendang sakit dan membutuhkan dukungan, serta penyembuhan agar cepat pulih dan bisa kembali beraktivitas.

2. “Allahumma Rabbannaasi Adzhibil Ba’sa Wasy Fihu, Wa Antas Syaafi, Laa Syifaa-a Illa Syfaauka, Syifaan Laa Yughaadiru Saqaama", yang artinya: “Ya Allah, Rabb manusia, hilangkan penyakit dan berikan dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lainnya".

Kita bisa secara rutin setiap selesai sholat fardhu melafalkan doa di atas untuk kesembuhan orang tua, agar bisa segera sembuh dan juga berkumpul kembali dengan kita dan keluarga lainnya.

3. Selain itu, ada juga doa seperti berikut ini:

"Bismillah (3x). A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir (7x)”, yang artinya: “Dengan menyebut nama Allah, dengan menyebut nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari kejelekan yang aku dapatkan dan aku waspadai", (HR Muslim).

Baca Juga: Doa Itidal dan Syarat Saat Melakukan Gerakan Itidal

4. "Imsahil ba'sa rabban nasi. Bi yadikas syifa'u. La kasyifa lahu illa anta", yang artinya: "Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Engkau".

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar