facebook

Profil Nova Iriansyah, Gubernur Aceh Lulusan Arsitek yang Masuk Kriteria Jokowi untuk Calon Kepala Otorita IKN Nusantara

Rifan Aditya
Profil Nova Iriansyah, Gubernur Aceh Lulusan Arsitek yang Masuk Kriteria Jokowi untuk Calon Kepala Otorita IKN Nusantara
Profil Nova Iriansyah, Gubernur Aceh Lulusan Arsitek yang Masuk Kriteria Jokowi untuk Calon Kepala Otorita IKN Nusantara - Gubernur Aceh Nova Iriansyah (instagram/novairiansyah)

Profil Nova Iriansyah mulai dicari-cari publik bersama dengan kepala daerah lainnya yang juga lulusan arsitek. Mau tahu siapa Nova Iriansyah sebenarnya?

Suara.com - Sejumlah nama muncul pasca Presiden Jokowi menyampaikan keinginannya memilih Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan latar belakang seorang artistek dan kepala daerah. Salah satunya, Nova Iriansyah. Lantas bagaimana profil Nova Iriansyah?

Profil Nova Iriansyah pun mulai dicari-cari publik bersama dengan kepala daerah lainnya yang juga lulusan arsitek. Untuk tahu siapa Nova Iriansyah sebenarnya, simak penjelasannya berikut.

Profil Nova Iriansyah

Nova Iriansyah adalah Gubernur Aceh ke-18 yang menjabat sejak 5 November 2020 hingga tahun 2022 ini. Ia merupakan kepala daerah sekaligus lulusan arsitek kelahiran 22 November 1963.

Baca Juga: Sebut Kepala Otorita Urusan Presiden, DPR Minta IKN Jangan Sampai jadi Proyek Mangkrak

Memiliki keluarga yang sudah berkecimpung di dunia politik membuat, Nova pun tidak kaget dengan dinamikanya. Ayah Nova Iriansyah adalah Bupati Aceh Tengah tahun 1970 - 1974.

Peluang Nova Iriansyah sebagai Calon Kepala Otorita IKN

Gubernur Aceh Nova Iriansyah (ANTARA/HO)
Gubernur Aceh Nova Iriansyah (ANTARA/HO)

Jika melihat masa jabatan Nova Iriansyah yang akan habis tahun ini, maka peluang putra daerah Aceh ini menjadi calon pemimpin ibu kota negara baru 'Nusantara' lebih besar. Apalagi Presiden Jokowi harus segera menunjuk orang untuk menempati jabatan sebagai Kepala Otorita IKN.

Mengingat, Undang-undang IKN telah disahkan DPR pada tanggal 18 Januari 2022 lalu. Berdasarkan UU IKN, Kepala dan Wakil Otorita harus ditetapkan oleh presiden paling lambat 2 bulan setelah undang-undang ini diundangkan.

UU IKN tetap akan diundangkan paling lambat tanggal 18 Februari 2022 meskipun presiden tidak tanda tangan, sebagaimana mengacu UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga: Ridwan Kamil Masuk Bursa Kepala Otorita IKN, Pengamat: Beliau Cocok, Banyak Kerja Praktek

Sehingga, keputusan siapa yang menjadi Kepala dan Wakil Otorita IKN paling lambat diangkat oleh presiden pada 18 April 2022. Sementara Nova Iriansyah masa jabatannya akan berakhir 5 Juli 2022.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar