facebook

Menantu Luhut Binsar Panjaitan, Mayjen Maruli Simanjuntak akan Dilantik Jadi Pangkostrad Senin Mendatang

Chandra Iswinarno | Ria Rizki Nirmala Sari
Menantu Luhut Binsar Panjaitan, Mayjen Maruli Simanjuntak akan Dilantik Jadi Pangkostrad Senin Mendatang
KSAD Jenderal Dudung Abdurachman menyatakan pelantikan Mayjen Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad berlangsung pekan depan. [ANTARA]

Mayjen Maruli Simanjuntak akan dilantik sebagai Pangkostrad pada Senin (31/1/2022) mendatang.

Suara.com - Pelantikan Mayjen Maruli Simanjuntak sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) akan digelar pada Senin (31/1/2022) mendatang.

Rencananya, upacara serah terima jabatan (sertijab) bakal dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

Jenderal Dudung mengungkapkan, pelantikan Pangkostrad akan dilakukan bersamaan dengan Pangdam IX/Udayana. Adapun posisi Pangdam IX/Udayana bakal diisi Mayjen Sonny Aprianto yang sebelumnya menjabat sebagai  Deputi III bidang kontra Intelijen pada Badan Intelijen Negara (BIN).

"Pelantikan Pangkostrad akan dilantik bersama-sama dengan Pangdam IX/Udayana, pangdam lainnya direncanakan kalau enggak salah hari Senin tanggal 31 (Januari 2022)," kata Jenderal Dudung setelah memimpin apel gelar pasukan jajaran TNI AD wilayah Jabodetabek di Monas, Jakarta, Selasa (25/1/2022).

Baca Juga: KSAD Jenderal Dudung Abdurachman: Pelantikan Pangkostrad Pekan Depan

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa merotasi sejumlah perwira tinggi di lingkungan TNI. Salah satunya menunjuk Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad.

Rotasi jabatan itu ditandatangani oleh Andika melalui Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI melalui Keputusan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Total ada 328 perwira tinggi yang mendapatkan jabatan baru.

Sedangkan, 28 perwira tinggi di antaranya mendapatkan jabatan di satuan-satuan baru di TNI.  Hal itu sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Perpres Nomor 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI).

"Surat Keputusan Jabatan Pangkostrad, Pangkoarmada, dan Pangkoopsudnas Telah Ditandatangani Panglima TNI Jumat Malam 21 Januari 2022," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal TNI Prantara Santosa melalui siaran persnya pada Sabtu (22/1/2022).

Baca Juga: Segera Menjabat Pangkostrad, Ini Misi Mayjen TNI Maruli Simanjuntak

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar