facebook

Wushu Lahirkan Banyak Prestasi, Menpora Berharap Hal Tersebut Jadi Inspirasi

Fabiola Febrinastri | Iman Firmansyah
Wushu Lahirkan Banyak Prestasi, Menpora Berharap Hal Tersebut Jadi Inspirasi
Wushu melakukan transformasi dan perbaikan tata kelola sehingga mampu melahirkan banyak prestasi.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali memberikan pujian kepada Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia Airlangga Hartarto.

Suara.com - Tata kelola olahraga wushu dinilai memiliki banyak kemajuan sehingga mampu melahirkan banyak prestasi, hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali.

Ia juga memberikan pujian dan juga apresiasi kepada Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia, Airlangga Hartarto yang dinilai berhasil melakukan transformasi dan meskipun ditengah kesibukannya sebagai Menko Perekonomian, Ketua Umum Partai Golkar, dan mengurus olahraga, Airlangga tetap bisa menorehkan prestasi olahraga Wushu dan bahkan meraih gelar doktor karena menulis buku tentang wushu. 

"Jadi saya kira apresiasi dan terimakasih kepada pak Airlangga dan pengurus. Saya kira pemimpin humanis dan transformatif terhadap organisasi keolahragaan sebagaiamana yang beliau sampaikan saat pengukuhan doktornya. Saya mengatakan ini secara seksama karena itu yang masih kurang tata kelola organisasi transformasi-transformasi yang dilakukan pengurus organisasi masih kurang. Mudah-mudahan ini bisa dibagikan pak Airlangga kepada semua pengurus cabang olahraga, paling tidak ada referensi yang bisa dijadikan oleh para pengurus cabor untuk menjalankan roda organisasi dengan tata kelola yang baik," kata Menpora Amali saat membuka Musyawarah Nasional (MUNAS) Wushu Indonesia ke-VII tahun 2022 di Ballroom JS Luwansa Hotel, Jakarta Selatan, Jumat (28/1/2022).

Ia menyebutkan, selama dipimpin Airlangga Hartarto prestasi cabang olahraga Wushu terus meningkat dan terus melahirkan atlet-atlet muda secara bergantian. 

Baca Juga: Airlangga Pastikan Minyak Goreng Rp14.000, Beras Gula Murah!

"Pemerintah memberikan apresiasi yang besar kepada ketum dan jajaran pengurus PB Wushu Indonesia, sejak kepengurusan dipimpin Pak Airlangga Hartarto sampai dengan hari ini melaksanakan Munas prestasi demi prestasi ditujukan oleh wushu Indonesia dan bukan hanya itu pembinaaan demi pembinaan juga muncul dari sasana, luar biasa. Sehingga atlet datang silih berganti," jelasnya. 

Menpora Amali pun menuturkan bahwa saat ini pihaknya telah menyusun Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) atas arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta agar ekosistem prestasi olahraga nasional dievakuasi. Dalam DBON ini pemerintah menargetkan olimpiade sebagai target utama hingga 100 tahun Indonesia merdeka atau olimpiade 2044 Indonesia berada di rangking 5 besar dunia dengan berkonsentrasi pada cabang olahraga yang mengandalkan teknik dan akurasi. 

"Tentu untuk mencapai itu, perlu ada kontribusi dari cabang-cabang olahraga, dari catatan statistik, catatan perjalanannya, maka wushu adalah salah satu yang potensial untuk  memback up cita-cita 100 tahun Indonesia merdeka," harapnya. 

Sementara itu hadir dalam acara Musyawarah Nasional (MUNAS) Wushu Indonesia ke-VII tahun 2022 adalah Ketum PB Wushu Airlangga Hartarto, Ketum KONI Pusat Marcinao Norman, Perwakilan Komite Olimpiade Indonesia (KOI), mantan Ketum PB Wushu, IGK Manila, Mengantar Bilang Hutagalung, Supandi Kusuma, Peserta Munas dari 34 Provinsi dan sejumlah atlet.

Baca Juga: Muncul di Daerah Minta Munaslub, Kader Golkar Menilai Airlangga Gagal

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar