facebook

160 Perawat Positif Covid-19 di Gelombang Ketiga Pandemi, PPNI: Umumnya Mereka Sudah Vaksin Booster

Agung Sandy Lesmana | Stephanus Aranditio
160 Perawat Positif Covid-19 di Gelombang Ketiga Pandemi, PPNI: Umumnya Mereka Sudah Vaksin Booster
Ilustrasi perawat Covid-19. [Antara/Reuters/Flavio Loscalzo]

"Kalau dilihat kondisi yang terkonfirmasi, umumnya sudah dua kali vaksin dan booster, dengan tanpa gejala dan gejala ringan..."

Suara.com - Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) mencatat sudah ada sebanyak 160 perawat yang terkonfirmasi positif selama gelombang ketiga pandemi Covid-19 akibat varian Omicron.

Ketua PPNI Harif Fadhilah mengatakan jumlah itu kemungkinan masih bisa bertambah karena belum semuanya tercatat dengan rapi.

"Sampai hari ini 11 Februari mendapat data 160 perawat yang terkonfirmasi, tapi mungkin lebih karena banyak belum melaporkan diri dalam link sistem pemantauan anggota," kata Harif saat dihubungi, Jumat (11/2/2022).

Meski begitu, dia menyebut kesiapan perawat di fasilitas layanan kesehatan masih terkendali.

Baca Juga: 2 Kali Tes Antigen dan Dinyatakan Positif Omicron, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie Sempat Ngeluh Demam dan Sering Batuk

"Sampai hari ini belum ada kegiatan koordinasi untu penambahan tenaga, belum ada info kurang tenaga," jelasnya.

Harif mengungkapkan, ratusan perawat yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu tanpa gejala dan gejala ringan karena sudah divaksin booster.

"Kalau dilihat kondisi yang terkonfirmasi, umumnya sudah dua kali vaksin dan booster, dengan tanpa gejala dan gejala ringan, secara ilmiah booster memberikan perlindungan dari keparahan," tutup Harif. 

Komentar